War of the Stray Dog, Terpicunya Dua Negara Akibat Anjing Dan Berakhir Perangwikipedia

War of the Stray Dog, Terpicunya Dua Negara Akibat Anjing Dan Berakhir Perang

INDOZONE.ID - Incident at Petrich atau dikenal dengan sebutan War of the Stray Dog, perang ini mungkin adalah perang paling aneh yang terjadi di abad ke 20.

Perang yang terjadi antara Yunani dan Bulgaria ini di picu oleh kejadian yang sebabkan oleh seekor Anjing.

Saat itu kedua negara yang memang masih memiliki tensi tinggi akibat perseteruan keduanya selama perang Balkan yang terjadi pada tahun 1910-an.

Kembali memanas akibat di tembaknya seorang tentara Yunani yang di duga melintasi perbatasan Bulgaria saat sedang mengejar anjingnya yang lari (Stray Dog).

Penembakan inilah yang akhirnya memicu pecahnya perang antara dua negara bertetangga ini. Tak terima salah satu warganya di tembak, Yunani pun lansung menyerbu Bulgarian dan sempat menduduki beberapa desa di
perbatasan.

Yunani bahkan sempat ingin membangun markas di kota Petrich sebelum akhirnya PBB, turun tangan dan mengecam serangan Yunani ini.

Liga bangsa-bangsa dunia ini kemudian merumuskan perundingan antara Yunani dan Bulgaria yang akhirnya sepakat melakukan gencatan senjata.

Namun sayangnya meski akhirnya berdamai, perang singkat akibat kesalah pahaman ini sudah keburu mengakibatkan kematian sekitar 50 orang.