The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengapa Makam Tionghoa Berukuran Besar dan Megah? Faktanya Menarik!
Makam warga Tionghoa besar dan mewah (Z Creators/Hasan Syamsuri)
Fakta Dan Mitos

Mengapa Makam Tionghoa Berukuran Besar dan Megah? Faktanya Menarik!

Sabtu, 12 November 2022 11:32 WIB 12 November 2022, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa bentuk dan ukuran makam warga Tionghoa berbeda dengan makam warga kebanyakan. Ternyata ada sejumlah menarik yang membuat makam warga Tionghoa berbeda dibanding makam-makam yang lain.

Jika diperhatikan, makam Tionghoa memiliki arsitektur yang unik dan bentuknya sangat beragam. Ada yang memiliki tangga, ada pula yang bentuknya lebar dan ukurannya cukup besar untuk ukuran sebuah makam.

makam tionghoa di batu
Salah satu makam warga Tionghoa berukuran besar (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Dari informasi yang dihimpun Tim Z Creators, Hasan Syamsuri, bagi warga Tionghoa pembangunan sebuah makam harus ada maksud dan tujuan yang baik untuk jenazah yang dimakamkan.

Sebab, ada sebuah tradisi dan kepercayaan di kalangan warga Tionghoa terkait konsep pemakaman. Warga Tionghoa percaya bahwa orang yang meninggal dunia akan berpindah tempat ke dunia lain, yakni dunia bawah, yang diyakini mirip dengan dunia manusia saat masih hidup.

makam tionghoa dengan bebatuan
Makam warga Tionghoa (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Sehingga ada kepercayaan bahwa orang yang sudah meninggal dunia masih membutuhkan uang dan barang-barang lainnya. Jadi, altar atau makam yang besar dan luas berfungsi sebagai tempat untuk menaruh sajian berupa benda-benda yang sudah dibakar dan makanan yang disukai mendiang.

makam tionghoa dengan konsep bertingkat
Makam Tionghoa di Kota Batu (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Selain itu, makam Tionghoa juga kebanyakan berada di dataran tinggi atau perbukitan. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan feng shui. Tujuannya biar keluarga yang ditinggalkan enggak merasa khawatir dan sedih berkepanjangan.

Dalam logika warga Tionghoa, makam yang berada di dataran tinggi dan dibangun dengan sangat kokoh juga bisa terhindar dari banjir dan bencana lainnya. Jadi, jenazah bisa beristirahat dengan tenang dan keluarga yang ditinggalkan pun enggak merasa khawatir.

makam tionghoa kota btu
Makam Tionghoa umumnya berada di ketinggian (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Fakta lainnya, arsitektur bongpai (batu nisan) pada makam Tionghoa juga unik dan berukuran besar. Ternyata, nama-nama yang dituliskan pada batu nisan tersebut bukan hanya nama mendiang saja, tapi terkadang juga nama orang tua dan juga pasangannya.

Konon, makam dan batu nisan yang serba besar itu juga menandakan status sosial orang yang dimakamkan. Semakin megah dan besar ukurannya, maka semakin besar pula derajat dan status sosialnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US