Moondyne Joe, Tokoh Kriminal Terkenal yang Jago Kabur dari Penjara
Ilustrasi Moondyne Joe. (Thevintagenews)
Fakta Dan Mitos

Moondyne Joe, Tokoh Kriminal Terkenal yang Jago Kabur dari Penjara

Ahli melarikan diri.

Jumat, 03 April 2020 16:15 WIB 03 April 2020, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Moondyne Joe atau yang memiliki nama asli Joseph Bolitho Johns merupakan seorang tokoh kriminal terkenal di Australia pada abad ke-19. Joe lahir pada Februari 1826 di Wales, Inggris. Joe adalah anak ketiga dari pandai besi Thomas Johns dan istrinya Mary Bolitho. Setelah ayahnya meninggal, ia bekerja sebagai penambang tembaga bersama saudara-saudaranya.

Karier kriminalnya dimulai pada tanggal 15 November 1848. Bersama rekannya yang bernama William Cross, mereka menyelinap masuk ke rumah Richard Price untuk mencuri tiga potong roti, seiris daging, beberapa potong keju, dan perabotan rumah lainnya.

Pada akhirnya, mereka tertangkap dan dipidana atas kasus perampokan dan pencurian. Meskipun sempat membela diri di pengadilan, Joe tetap dinyatakan bersalah dan mereka berdua dinyatakan sebagai tersangka. Mereka pun dijatuhi hukuman berupa pengabdian selama 10 tahun untuk menjadi pekerja tahanan di daerah yang saat itu masih menjadi koloni Inggris, yaitu Australia.

Selama dalam perjalanan laut yang menempuh waktu berbulan-bulan, Joe diberikan keringanan hukuman karena dianggap telah berkelakuan baik selama di kapal. Jadi, selama ia tetap tinggal dan menjadi warga Australia, Joe dibebaskan untuk menjalani hidupnya sendiri. Setibanya di Fremantle pada 30 April 1853, Joe dibebaskan dan memilih untuk tinggal di daerah sekitar Avon Valley, dekat dengan tempat tinggal suku Aborigin yang bernama Moondyne.

Ilustrasi pelaku yang telah ditangkap
Ilustrasi pelaku yang telah ditangkap (freepik)

Selama beberapa saat, Joe menjalani kehidupannya secara normal dengan memelihara ternak dan kuda. Hingga pada akhirnya ia kembali masuk jeruji besi karena tuduhan mencuri kuda pada tahun 1861.

Anehnya, Joe berhasil melarikan diri dari ruang tahanan, bahkan dengan membawa lari kuda miliknya yang dijadikan sebagai barang bukti. Namun malangnya ia berhasil ditangkap keesokan harinya, untuk dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Lagi-lagi Joe mendapat keringanan hukuman dan dibebaskan lebih awal karena berkelakuan baik selama menjadi tahanan. Namun, ia kembali ditahan dengan hukuman selama 10 tahun atas tuduhan membunuh dan mengonsumsi kerbau milik tetangganya.

Ajaibnya, Joe kembali bisa melarikan diri dari penjara dan kali ini dengan membawa salah satu teman sesama tahanan. Semenjak saat itu, mereka berdua mulai melakukan serangkaian aksi kriminal dan mulai dijuluki sebagai ‘Moondyne Joe’. Mereka bahkan membentuk komplotan kriminal kecil-kecilan guna melancarkan tindak kejahatan.

Setelah sepenuhnya terjun ke dunia kriminal, Joe menghabiskan sisa hidupnya keluar masuk penjara. Pastinya di beberapa kali kesempatan ia berhasil melarikan diri. Bahkan suatu ketika pemerintah Australia pernah membuatkan ruang tahanan khusus yang terbuat dari besi untuknya. Namun hal tersebut terbukti sia-sia karena Joe berhasil melarikan diri untuk yang kesekian kalinya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US