The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Mengapa Baking Soda dan Cuka Sangat Ampuh untuk Membersihkan Kotoran!
Baking soda. (photo/Ilustrasi/Pexels/Kaboompics .com)
Fakta Dan Mitos

Ini Alasan Mengapa Baking Soda dan Cuka Sangat Ampuh untuk Membersihkan Kotoran!

Rabu, 28 Juli 2021 13:57 WIB 28 Juli 2021, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - Semakin banyak orang membuang bahan kimia keras dalam rutinitasnya pembersihan harian mereka dan alih-alih beralih ke produk alami, seperti dengan soda kue dan cuka, hilangkan kotoran, mendisinfeksi permuakan dan buat ruang mengkilap dan bersih. 

Jadi, mengapa barang-barang rumah tangga ini adalah bahan pembersih yang sangat efektif? Jawabannya adalah soda kue dan cuka berada di ujung skala pH yang berlawanan. Melihat hal itu, May Nyman yang merupakan seorang profesor pada departemen kimia di Oregon State University memberikan komentarnya. 

"Ketika Anda membersihkan menggunakan soda kue atau cuka, Anda sebenarnya melakukan manipulasi molekul yang sangat rumit," ungkapnya.

Soda kue sendiri adalah nama umum untuk natirum bikarbonat atau NaHCO3. Kebanyakan orang mungkin mengasosiasikannya dengan memasak, karena membuat kue dan roti yang besar dan bengkak. Sedangkan, cuka adalah larutan encer asam asetat HC2H3O2 yang dihasilkan bakteri selama fermentasi. 

"Soda kue adalah kebalikan dari cuka. Ini keras seperti cuka tetapi melarutkan bahan organik," ungkap Nyman melansir Live Science. 

"Seperti cuka, itu tidak dapat membahayakan Anda dan tidak akan berbahaya saat membersihkan tempat di mana Anda menyimpan makanan Anda." lanjutnya. 

Kedua bahan dapur itu merupakan bahan pembesih efektif karena ditemukan pada sisi yang berlawanan dari skala pH. pH sendiri adalah ukuran seberapa asam atau basa suatu zat, pada skala dari 1 hingga 4, dengan nilai netral pada 7. Air murni sendiri mempunyai pH mencapai 7. 

Sementara itu, baking soda mempunyai pH bernilai 9 dan cuka mempunyai pH bernilai 2. Menggabungkan dua bahan rumah tangga biasa ini dapat menghasilkan hasil yang luar biasa di dapur, tetapi penting untuk tidak menggabungkannya dalam jumlah yang sama karena perlu menjaga campuran di sisi asam atau basa dari nilai netral.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US