The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Hanya Menyapu, Pangkas Rambut Juga Tak Boleh Dilakukan saat Imlek! Kenapa Ya?
Kiri: Ilustrasi menyapu rumah. (Unsplash) Kanan: Ilustrasi pangkas. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Bukan Hanya Menyapu, Pangkas Rambut Juga Tak Boleh Dilakukan saat Imlek! Kenapa Ya?

Ini penjelasannya!

Kamis, 27 Januari 2022 13:18 WIB 27 Januari 2022, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Perayaan Imlek sudah di depan mata, tradisi dan hal-hal menjelang Imlek tentu telah dipersiapkan oleh etnis Tionghoa. Mulai dari pernak-pernik serba merah hingga angpao yang tak boleh ketinggalan untuk dibagiakan kepada sanak saudara.

Namun, selain hal-hal tersebut terdapat hal yang katanya dilarang untuk dilakukan saat perayaan Imlek. Hal tersebut seperti melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu hingga memangkas rambut. Lah kenapa ya?

Dikutip dari TakeMeTour, meski tampak aneh bahwa melakukan pekerjaan rumah menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada Tahun Baru Imlek, tetapi ada penjelasan untuk ini.

Baca Juga: Arti Warna Merah yang Dominan Saat Perayaan Imlek, Usir Makhluk Mitos Bernama 'Nian'

Sejak dahulu, orang Tionghoa selalu bekerja keras setiap hari sepanjang tahun. Ketika Tahun Baru Imlek tiba, mereka mengambil satu hari atau hari libur dari pekerjaan dan juga tidak melakukan pekerjaan rumah. Hal tersebut lantaran melakukan pekerjaan rumah sebagai sesuatu yang dianggap sial karena melambangkan seseorang melalui kesulitan hingga ia harus melakukan pekerjaan rumah sepanjang tahun.

Ada pula takhayul tentang Tahun Baru Imlek yang lebih spesifik terkait dengan pekerjaan rumah. Menyapu kotoran dan debu keluar rumah serta membuang sampah dipercaya dapat menyapu dan membuang rejeki pada saat Imlek.

larangan Imlek
Ilustrasi angpao Imlek. (Unsplash)

Tak hanya menyapu, mencuci pakaian pada dua hari pertama Tahun Baru Imlek juga dianggap sebagai pelanggaran bagi Dewa Air karena pada hari tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun dewa.

Selain pekerjaan rumah, mencuci dan memotong rambut juga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan menjelang Imlek. Hal tersebut diibaratkan seperti membasuh dan memotong kemakmuran dan kekayaan seseorang.

Saat Imlek, orang-orang Tionghoa selalu berharap mendapatkan kemakmuran serta kejayaan di tahun yang baru. Sehingga perlu diperhatikan apa-apa saja yang menjadi simbol penggugur kemakmuran rezeki tersebut untuk tidak dilakukan.

Solusinya, mereka akan memastikan rumah rapi sebelum Tahun Baru Imlek, sehingga mereka dapat beristirahat dan merayakannya secara maksimal. Bahkan jika perlu menyapu kotoran dan debu, jangan menyapunya melalui pintu depan. Sebaliknya, menyapu debu bisa dilakukan ke dalam dan dikeluarkan melalui pintu belakang.

Dalam hal pangkas rambut, sangat baik untuk merawat diri sebelum Tahun Baru Imlek, sehingga membuat kamu terlihat menarik dari hari pertama tahun baru Imlek.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US