The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Piramida Nubia di Sudan, Situs Monumental Terunik di Dunia dari Kerajaan Kush
Piramida Nubian yang terletak di Sudan, merupakan situs peninggalan Kerajaan Kush terunik di dunia. (Foto/geomorphological_landscapes)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Piramida Nubia di Sudan, Situs Monumental Terunik di Dunia dari Kerajaan Kush

Kamis, 06 Januari 2022 15:54 WIB 06 Januari 2022, 15:54 WIB

INDOZONE.ID - Ketika kita mendengar kata piramida, pasti orang-orang langsung berpikir tentang Mesir. Namun jarang ada yang membicarakan piramida-piramida kerajaan Kush yang masih bertahan hingga saat ini.

Kita memikirkan firaun dan piramida raksasa mereka, yang mereka bangun selama masa hidup mereka dan terkadang setelah kematian mereka.

Struktur besar mencerminkan keagungan para firaun, kekuatan mereka untuk memindahkan sumber daya. Kesempurnaan insinyur dalam membangun struktur besar.

Publik pasti langsung berpikir tentang film arahan Stephen Sommers dari film "The Mummy" yang dirilis pada tahun 1999.

Sebuah film luar biasa yang menunjukkan piramida indah dan rahasia yang tersembunyi di bawah bangunan besar ini.

Piramida Nubian. (Foto/geomorphological_landscapes)
Piramida Nubian. (Foto/geomorphological_landscapes)

Piramida menarik perhatian karena struktur dan bentuknya yang khas. Piramida Mesir adalah salah satu landmark paling menarik di dunia. Orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi Mesir untuk melihat Sphinx dan piramida.

Kekunoan dan kreativitas menarik bagi pengunjung.

Berbicara tentang piramida, kita hanya pernah mendengar tentang piramida Mesir. Kita tidak tahu atau kurang tahu tentang situs piramida lain di dunia.

Seperti yang dilansir History of Yesterday, piramida-piramida milik kerajaan Kush salah satu yang terunik di dunia. Piramida tersebut berdiri di sepanjang sungai Nil.

Sekarang, daerah-daerah ini adalah wilayah Sudan, tetapi dulunya ini adalah kerajaan besar.
Kerajaan kush.

Piramida Nubian terletak di Sudan. (Foto/geomorphological_landscapes)
Piramida Nubian terletak di Sudan. (Foto/geomorphological_landscapes)

Kush adalah kerajaan besar, memegang kekuasaan besar dan wilayah pengaruh yang luas di Afrika dan timur tengah. Kerajaan ini memerintah sebagian besar wilayah itu selama ratusan ribu tahun dan bahkan pernah menaklukkan Mesir. Kerajaan Kush adalah salah satu kerajaan yang paling kuat.

Wilayah kerajaan Kush terletak di lembah Sungai Nil, yang disebut Nubia. Kerajaan kush pindah ke ibu kota yang berbeda karena ibu kota pertama berada di Kerma (2500 SM – 1500 SM), yang kedua adalah Napata (1000 SM – 300 SM) dan yang ketiga di Meroë (300 SM-300 M).

Wilayah Nubia adalah pusat peradaban awal dengan berbagai rentang interaksi antara orang-orang dari masyarakat yang berbeda di bidang perdagangan dan industri.

Piramida di kerajaan Kush dibangun dalam interval sejarah yang berbeda yang dapat diperkirakan ratusan tahun. Tujuan utama pembangunan piramida ini adalah penggunaannya untuk makam raja dan ratu.

Situs piramida ini adalah Napata dan Meroe. Kedua kota ini merupakan ibu kota kerajaan Kush di era yang berbeda. Dengan aspek ini, kita dapat berasumsi bahwa piramida ini dibangun dalam jangka waktu ratusan tahun.

Meroe pernah menjadi pusat kekuasaan di kerajaan Kush lebih dari empat puluh ratu dan raja dimakamkan di Meroe yang menjadikannya mungkin, situs terbesar untuk pembangunan piramida.

Apakah piramida ini berbeda dengan piramida di Mesir?

Piramida Nubia berbeda dari piramida di Mesir dalam gaya konstruksinya. Piramida Meroe sebelumnya dibangun dengan gaya langka.

Dalam tampilan dan gaya mereka, piramida Nubia di Moore tidak memiliki piramida. Desain piramida Nubia secara substansial menyerupai piramida kapel yang dibangun di Deir el-Medina dekat Luxor.

Batu-batu itu ditempatkan dengan bantuan poros. Poros pada dasarnya adalah mesin untuk memindahkan dan mengangkat batu berat.

Menurut beberapa ahli, langkah-langkah itu diukir pada batu-batu piramida Nubia. Piramida Nubia memiliki jenis simetri yang berbeda, tetapi tidak diragukan lagi piramida ini dibangun untuk mengawetkan mayat ratu dan raja Kerajaan Kush.

Piramida Nubia adalah serangkaian piramida yang dibangun di era yang berbeda selama kerajaan Kush.

Penggalian mengungkapkan bahwa makam yang melekat pada piramida ini dipenuhi dengan berbagai barang emas dan perak. Banyak piramida yang binasa oleh orang-orang yang menggali piramida untuk mencari harta karun.

Kerajaan Kush adalah kerajaan besar di sepanjang Sungai Nil dan melihat puncak dan kemuliaan. Piramida Nubia yang dibangun pada masa Kerajaan Kush merupakan warisan penting dan bagian dari sejarah Afrika di dunia.

UNESCO telah menetapkan piramida sebagai warisan dunia. Eksplorasi yang didanai National Geographic dari 2015 hingga 2019 telah mempelajari secara menyeluruh struktur piramida ini dengan menggunakan teknologi modern.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US