Ternyata Otak Manusia Di Program Untuk Melupakan Masa Balitapexels.com

Ternyata Otak Manusia Di Program Untuk Melupakan Masa Balita

INDOZONE.ID - Memori atau kenangan masa kecil memang sulit untuk bisa diingat dengan jelas.

Bahkan jika kita mengingat kembali memori-memori awal kita, kebanyakan bukanlah ingatan saat kita masih bayi. Melainkan ingatan saat kita sudah berusia sekitar lima dan enam tahun.

Namun begitu, ternyata menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, ingatan kita di masa bayi bisa jadi masih tersimpan di dalam otak kita, meski kita tak lagi mengingat memori tersebut.

Ketika kita mencoba mengingat kehidupan awal sebagai balita, terkadang tidak jelas apakah itu ingatan yang nyata atau kita hanya mengumpulkan kembali apa yang diceritakan orang lain tentang kita atau dari foto-foto.

Fenomena tersebut disebut juga dengan "amnesia masa kecil".

Para ilmuwan sejak lama berusaha memecahkan misteri ini, dan sampai saat ini belum ada penjelasan yang mencerahkan.

Salah satu teori menyebut, kita tidak bisa mengingat masa bayi dan balita karena di usia ini memang belum terbentuk memori yang utuh. Walau begitu, bayi berusia 6 bulan bisa memiliki memori jangka pendek.

Ingatan pada bayi hanya bertahan satu menit, dan dalam jangka panjang hanya dalam hitungan minggu atau bulan.

Dalam sebuah penelitian, bayi berumur 6 bulan yang belajar bagaimana menekan pengungkit mainan kereta-keretaan bisa mengingat lagi cara kerja mainan ini tiga minggu kemudian.

Pada anak usia prasekolah, mereka bisa mengingat kejadian satu tahun sebelumnya. Tetapi masih diperdebatkan apakah memori jangka panjang di usia dini memang sesuatu yang memang terkait dengan waktu dan tempat secara akurat.