The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebelum Pindah ke Desember, Ketahui 6 Fakta dan Mitos Mengenai Bulan November
Ilustrasi bulan November. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Sebelum Pindah ke Desember, Ketahui 6 Fakta dan Mitos Mengenai Bulan November

Bulan kematian

Kamis, 25 November 2021 14:16 WIB 25 November 2021, 14:16 WIB

INDOZONE.ID - Tanpa terasa bulan November akan berakhir bebarapa hari lagi. Namun tak ada salahnya jika kita mengulik tentang bulan yang menjadi penghantar kita ke akhir tahun.

Beberapa orang ternyata menganggap bulan ini sebagai bulan keburukan lantaran terdapat bebarapa hal mengenai bulan November. Akan tetapi untuk mengetahui hal tersebut, berikut fakta menarik bulan November yang #kamuharustau.

1. Asal-usul nama bulan November

Kata November sendiri berasal dari kata "Novem" yang berarti sembilan menurut bangsa Romawi kuno. Ternyata kata novem juga diambil dari bahasa Inggris kuno yang artinya juga sembilan.

Istilah ini lebih populer di kalangan bangsa Romawi dan sampai sekarang diadaptasi menjadi nama bulan kesebelas dikalender modern. Pada awalnya November adalah bulan kesembilan, karena bulan Januari dan Februari pada saat itu belum masuk dalam kalender mereka dikarenakan dua bulan ini adalah musim dingin yang tidak dirasakan oleh bangsa Romawi.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Perketat Pengawasan Lokasi Wisata

2. Bulan diabetes dunia

Fakta tentang bulan November
Ilustrasi diabetes. (Unsplash)

Penyakit diabetes atau akrab disebut kencing manis merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. WHO menjadi bulan November sebagai pengingat akan bahaya penyakit ini lewat peringatan Hari diabetes Sedunia pada 14 November lalu.

3. Bulan musim semi dan musim gugur terakhir

Musim di negara bagian utara dan bagian selatan berbeda satu sama lain. Pada November ini, belahan bumi utara mengalami musim gugur dan akan bersiap memasuki musim dingin. Sedangkan negara yang ada di belahan bumi bagian selatan berada di akhir musim semi dan bersiap memasuki musim panas.

4. Bulan mekarnya bunga krisan

Fakta menarik tentang bulan November
Bunga Krisan. (unsplash)

Bulan November juga memiliki kaitan dengan mekarnya bunga yang disebut bunga kelahiran atau flowerbirth. Bunga yang menjadi simbol untuk mereka yang lahir di bulan November adalah bunga krisan atau Chrysantemum.

Bunga ini dominan dengan warna orange atau kuning. Selain itu, bunga ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya dan melambangkan keceriaan, cinta dan juga kesempurnaan.

5. Bulan lahirnya topaz

Fakta menarik bulan November
Batu Topaz. (Unsplash)

Batu kelahiran atau birth stone menjadi lambang untuk masing-masing bulan dalam satu tahun. Bulan November juga memiliki batu kelahiran, sebagai simbolnya yakni batu topaz. Batu Topaz adalah batu mulia atau kristal yang terbentuk dari alumunium, silika dan fluorine.

6. Bulan kematian

Fakta bulan november
Ilustrasi kematian. (Unsplash)

Bulan November juga dipercaya sebagai bulan di mana banyaknya orang meninggal. Hal ini dipercayai oleh masyarakat Finlandia yang menyebut nama bulan ini dengan sebutan marasskuu yang berarti bulan kematian.

Masyarakat Finlandia percaya, jika di bulan November para roh-roh jahat dimasukkan dalam neraka. Konsepnya mungkin hampir sama saja dengan peringatan Halloween yang terkesan horor.

Tak hanya di Finladia, di Inggris bulan November juga disebut dengan Blotmonath yang dalam bahasa Inggris kuno berarti "bulan pengorbanan". Sedangkan di Belanda, bulan November disebut Slachtmaand yang berarti "bulan pembantaian". Di Amerika sendiri juga tersebar mitos bahwa kebanyakan pembunuh lahir di bulan November.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US