The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa Dunia 8 Oktober: Hangusnya Kota Chicago Akibat Ulah Sapi Peternakan
Ilustrasi Kebakaran kota Chicago. (Public Domain)
Fakta Dan Mitos

Peristiwa Dunia 8 Oktober: Hangusnya Kota Chicago Akibat Ulah Sapi Peternakan

Jumat, 08 Oktober 2021 19:49 WIB 08 Oktober 2021, 19:49 WIB

INDOZONE.ID - Peristiwa kebakaran adalah satu diantara peristiwa lainnya yang paling ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya peristiwa ini menimbulkan banyak kerugian, mulai dari materi hingga korban jiwa.

Pada tanggal 8 Oktober 1871, kejadian naas menimpa kota Chicago, USA dimana api berkobar dari peternakan sapi Patrick dan Catherine O'Leary.

Kejadian itu memicu kobaran api yang berlangsung selama dua hari serta menewaskan antara 200 dan 300 orang. Tak hanya itu peristiwa sejarah ini menghancurkan 17.450 bangunan dan menyebabkan 100.000 orang kehilangan tempat tinggalnya.

Diperkirakan kerugian material yang disebabkan kejadian itu sekitar $200 juta 1871 atau sama dengan $4 miliar pada 2021 ini.

Baca Juga: Menyedihkan, 3 Percobaan Bunuh Diri di Dunia Ini Berakhir Penyesalan

Usai dilakukan investigasi mendalam, penyebab kebakaran itu diduga bermula dari seekor sapi yang menendang lentera di peternakan O'Leary. Hal ini memicu munculnya kobaran api yang merambat ke ilalang dan juga seluruh peternakan tersebut.

Api pun semakin menjadi-jadi lantaran cuaca pada saat itu sedang kekeringan dan banyaknya bangunan kayu di jalan dan trotoar yang membuat Chicago rentan terhadap kebakaran.

Kota rata-rata dua kebakaran per hari pada tahun 1870; ada 20 kebakaran di seluruh Chicago seminggu sebelum Kebakaran Besar tahun 1871.

Usai kejadian tersebut, pemerintah Chicago melakukan upaya untuk merekonstruksi kembali dengan cepat dan memacu perkembangan ekonomi dan pertumbuhan penduduk yang besar.

Terbukti dalam sembilan tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1893, kota ini menjadi pusat ekonomi dan transportasi utama dengan perkiraan populasi 1,5 juta jiwa.

Pada tahun yang sama, Chicago dipilih untuk menjadi tuan rumah dalam acara Pameran Kolumbia Dunia. Hal ini menjadikan Chicago sebagai objek wisata utama yang dikunjungi oleh 27,5 juta orang, atau sekitar setengah dari populasi AS pada saat itu.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US