The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Pohon Mitos di Dunia yang Dianggap Memiliki Sifat Magis dan Berkah bagi Masyarakat
Pohon Mitos Dunia. (Dailysia.com)
Fakta Dan Mitos

5 Pohon Mitos di Dunia yang Dianggap Memiliki Sifat Magis dan Berkah bagi Masyarakat

Rabu, 26 Januari 2022 16:37 WIB 26 Januari 2022, 16:37 WIB

INDOZONE.ID - Di belahan dunia, pasti kamu pernah mendengar bahwa sebuah pohon dianggap memiliki keajaiban dan berkah bagi masyarakat. Saking seringnya dianggap demikian, banyak masyarakat melestarikan pohon-pohon tersebut untuk meraih berkah.

Selain dipercaya sebagai berkah, beberapa masyarakat juga mempercayai bahwa pohon dapat mengabulkan harapan mereka. Bahkan sampai-sampai pohon tersebut dikaitkan dengan konsep pelajaran bagi kehidupan sehari-hari.

Berikut ini 5 pohon mitos di dunia yang dianggap memiliki sifat magis dan berkah bagi masyarakat yang dikutip dari Yokai.com.

Baca Juga: Tak Ada Unsur Magis, Ternyata Sulap Itu Bukan Sihir, Lho!

1. Pohon Kalpa

Pohon Mitos Dunia yang magis
Pohon Kalpataru. (dailysia.com)

Pohon mitos yang pertama jatuh kepada pohon Kalpa yang tak asing didengar ditelinga. Pohon yang memiliki nama Kalpavrishka atau pohon harapan ini merupakan mitologi dari Indoa.

Masyarakat India percaya bahwa pohon ini dapat menggenapi semua harapan orang-orang yang bedoa pada pohon. Bahkan pohon ini menjadi media penyaluran manusia dengan dewa.

2. Pohon Teratai

Pohon Mitos di Dunia
Pohon teratai. (Yukoi.com)

Berbeda dengan bunga teratai, pohon teratai muncul dalam mitologi Yunani yang menyebut bahwa pohon ini merupakan wujud perubahan Dewi Lotus. Dewi Lotus memutuskan untuk berubah menjadi pohon untuk melindungi dirinya dari ancaman seksual yang akan dilakukan dari dewa lain, bernama Priapus.

Nama lotus sendiri diambil dari makna yang bermacam-macam dalam keyakinan agama. Dimana teratai menggambarkan hubungan dengan Tuhan, dimana pohon teratai dipegang di tangan kanan Tuhan di surga.

3. Pohon Jubokko

Pohon Mitos di Dunia
Pohon Jubokko. (legendofthemultiuniverse.org)

Dalam mitologi Jepang, pohon Jubokko dianggap sangat menipu dan berbahaya, jika dilihat dari kejauhan tampak seperti pohon yang tidak berdosa.

Namun menurut cerita yang beredar, dahan-dahan pohon tersebut tampak aneh seakan memegang sesuatu. Hal aneh ini menjadi pertanda bahwa pohon Jubokko menjadi pohon yang sangat berbahaya lantaran mampu membunuh manusia.

Pohon ini akan menyambar orang di sekitarnya dengan dahannya yang panjang, kemudian menarik korbannya mendekat, lalu mencengkeram tubuh korban dengan sangat kuat sehingga darah dari manusia mulai keluar yang menjadi kenikmatan bagi pohon ini. Ketika darah korban mulai habis, pohon ini akan melepaskan cengkeramannya dan meninggalkan bangkai korban untuk makanan burung pemangsa.

4. The Sky High Tree

Pohon Mitos di Dunia
The Sky High Tree. (skyhightree.ac)

Masyarakat Hungaria percaya bahwa pohon Sky-High memiliki kisah yang cukup menarik. Pohon tersebut ditemukan oleh seorang anak pengembala domba yang menyelinap ke kebun raja untuk melihat suasana kebun.

Ketika tiba di dalam kebun, ia melihat pohon yang lebih tinggi daripada pohon lainnya, ia akhirnya memutuskan untuk memanjat pohon tersebut. Anak itu pun dengan semangat memanjat pohon itu dan ketika memanjat lebih jauh sampai ke puncak pohon, ia menemukan hal-hal fantastis yang pernah dilihat seumur hidupnya.

5. Pohon Beringin

Pohon Mitos di Dunia
Pohon Beringin. (Wikipedia.com)

Pohon beringin dianggap sebagai pohon magis lantaran dahulunya pohon beringin pernah menjadi persinggahan Buddha di bawah pohon ini. Kepercayaan orang-orang mengatakan bahwa akar pohon beringin tidak pernah berhenti tumbuh.

Akar-akar itu akan turun ke dasar Bumi dan akan menjadi pohon yang benar-benar abadi, dalam artian pohon ini akan tetap ada karena akar-akarnya yang kuat dan panjang. Walaupun pohon ini ditebang, akar-akarnya dapat memberikan kehidupan lagi bagi sisa-sisa pohon yang ditebang itu.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US