Legenda Raja Ampat, Empat Orang Raja yang Berasal dari Telur
photo/conservationatlas.org
Fakta Dan Mitos

Legenda Raja Ampat, Empat Orang Raja yang Berasal dari Telur

Reka Kumara
Rabu, 16 Oktober 2019 11:30 WIB 16 Oktober 2019, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Raja Ampat sebuah kepulauan yang berada di Papua Barat, Indonesia. Kepulauan ini sudah dikenal sebagai surga bagi para petualang dan penyelam.

Terdapat banyak pulau karang yang tersebar di seluruh wilayah, kekayaan flora-fauna hingga surga bawah laut yang dianggap paling cantik di dunia.Hutan hujan tropis yang hijau menyejukkan mata disuguhkan bersama birunya air laut. 

Raja Ampat menjadi salah satu dari 10 tempat terbaik menyelam di dunia. Namun, kepulauan Raja Ampat ini ada mitos asal-usulnya.

Konon, suatu hari seorang wanita menemukan tujuh telur, empat diantaranya berubah menjadi pangeran dan tiga sisanya menjadi seorang wanita, hantu dan sebuah batu. Ke empat pangeran tadi berpisah lalu masing - masing berkuasa di  Waigo, Salawati, Batanta dan Misool. 

Di lihat dari sisi sejarah, Kepulauan Raja Ampat di abad ke 15 merupakan bagian dari kekuasaan Kesultanan Tidore, sebuah kerajaan besar yang berpusat di Kepulauan Maluku.

Untuk menjalankan pemerintahannya, Kesultanan Tidore menunjuk 4 orang Raja lokal untuk berkuasa di pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool.

Istilah 4 orang Raja dalam yang memerintah di gugusan kepulauan itulah yang menjadi awal dari nama Raja Ampat.

TAG
Reka
Reka

Reka

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU