The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Gibran, Dibiarkan Kosong Konon Ada Kisah Mistisnya
Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. (Z Creators/Ari Welianto)
Fakta Dan Mitos

Ada Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Gibran, Dibiarkan Kosong Konon Ada Kisah Mistisnya

Minggu, 27 November 2022 09:50 WIB 27 November 2022, 09:50 WIB

INDOZONE.ID - Loji Gandrung merupakan rumah dinas Wali Kota Solo yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.261, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan Solo. Bangunan yang dibangun pada 1830 ini, punya perpaduan Eropa (Belanda) dan Jawa. 

Loji Gandrung awalnya milik Johannes Augustinus Dezentje yang hidup antara 1797-1839. Ia merupakan seorang Pioneer perkebunan Belanda pertama di wilayah Surakarta. Johannes juga dikenal sebagai tuan tanah di daerah Ampel, Boyolali. 

rumah dinas wali kota solo
Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. (Z Creators/Ari Welianto)

Di dalam Loji Gandrung, ada sebuah kamar berukuran 4x4 yang berada di sebelah kiri pintu masuk. Konon, kamar tersebut dulunya sering digunakan oleh mantan Presiden Soekarno saat dirinya berada di Solo. Kondisi kamar tersebut sangat terawat dan terdapat bingkai foto mantan Presiden Soekarno yang berukuran besar di dalamnya. 

Selain itu, ada tempat tidur yang selalu dibersihkan, lemari kuno, serta meja rias. Ada juga kamar mandi dalam dan wastafel. Selama ini, kamar tersebut dibiarkan kosong, namun tetap terawat. Wali Kota Solo sendiri enggak ada yang tidur di kamar tersebut.

kamar bung karno
Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. (Z Creators/Ari Welianto)

Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Solo mengaku belum pernah menempati kamar Bung Karno tersebut.

"Belum pernah menginap di kamar Bung Karno," ujarnya.

Ketika ditanya apakah kamar Bung Karno tersebut disakralkan, Gibran pun menjawab enggak tahu.

"Disakralkan? Saya tidak tahu," jawab Gibran.

rumah dinas
Kamar Bung Karno di Rumah Dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. (Z Creators/Ari Welianto)

Konon, di kamar Bung Karno ini sering muncul kejadian aneh dan tercium wangi bunga melati secara tiba-tiba. Selama Gibran menjabat menjadi wali kota atau ketika ayahnya, Presiden Jokowi, menjabat menjadi wali kota Solo, belum pernah ada yang tidur di kamar ini.

"Enggak, punya kamar sendiri," katanya.

Menurutnya, saat ada tamu pejabat negara atau menteri yang datang ke Loji Gandrung, mereka selalu diajak dan diperlihatkan kamar Bung Karno ini. Biasanya, mereka masuk untuk melihat-lihat dan berfoto.

"Pokoknya kalau ada tamu datang tak ajak masuk biar tahu. Kalau menginap tidak, mistis tidak dan sepertinya biasa saja," terang Gibran.

Meskipun Loji Gandrung menjadi rumah dinas wali kota, namun Gibran enggak ada rencana untuk tinggal di sana. Ia bersama keluarganya memilih untuk tinggal di rumah pribadinya di daerah Sumber, Kecamatan Banjarsari. 

"Tidak ada rencana pindah ke Loji Gandrung, di rumah sendiri saja. Dari awal memang tidak ada niat tinggal di Loji Gandrung," ungkapnya.

Sebenarnya, Gibran pernah tinggal dua kali di Loji Gandrung saat dirinya terpapar Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri. Ketika itu, putra sulung Presiden Jokowi ini enggak tidur di kamar Bung Karno, melainkan di kamar sebelahnya.

"Pas isolasi mandiri kemarin menginap di Loji Gandrung, tapi bukan tidur di kamar Bung Karno tapi sebelahnya. Tidak ada perasaan apa-apa," jelasnya.

Dulu, Loji Gandrung sering dipakai untuk pesta dan dansa orang-orang Eropa atau Jawa. Kala itu, orang-orang menyebutnya sebagai gandrungan. Kata gandrungan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang punya arti dasar gandrung. Artinya, menyenangkan atau tergila-gila karena asmara.

Pada masa pendudukan Jepang, Loji Gandrung menjadi markas pimpinan pasukan Jepang. Enggak cuma itu, Loji Gandrung juga pernah dipakai oleh Jenderal Gatot Subroto untuk menyusun strategi militer dalam menghadapi agresi militer Belanda.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Ari Welianto
Ari Welianto
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US