The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Mudah, Ini Risiko Astronom Jika Salah Menafsirkan Sinyal Planet di Data James Webb
Ilustrasi astronom yang sedang melakukan penjelajahan di luar angkasa. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Bukan Mudah, Ini Risiko Astronom Jika Salah Menafsirkan Sinyal Planet di Data James Webb

Selasa, 20 September 2022 00:33 WIB 20 September 2022, 00:33 WIB

INDOZONE.ID - Menjadi astronom bukanlah perihal yang mudah, pasalnya terdapat risiko yang harus dipikul dalam menafsirkan sinyal planet di data James Webb. Jika seorang astronom salah menafsirkan sinyal planet, maka akan salah mengungkapkan alam semesta yang berakibat kehidupan manusia yang terganggu.

Baca Juga: Ilmuwan Mendeteksi 1.652 Sinyal Radio Tak Dikenal yang Bersumber dari Luar Angkasa

Dikutip dari LiveScience, tugas para astronom sangatlah berat dan memerlukan tenaga ahli yang benar-benar mampu dari segi analitik dan juga perkirakan kemungkinan yang bisa terjadi.

Sebab dalam memanfaatkan data James Webb, para astronom nantinya akan memanfaatkan presisi penguraian cahaya teleskop untuk memecahkan kode atmosfer yang mengelilingi beberapa dunia terdekat ini.

Sifat-sifat atmosfernya dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana sebuah planet terbentuk dan apakah ia menyimpan tanda-tanda kehidupan atu tidak.

Jika astronom salah menafsirkan bukan tidak mungkin mampu membahayakan makhluk di luar angkasa tersebut sehingga terabaikan oleh pandangan dan perhatian manusia.

Baca Juga: Iseng Banget! Astronom Ini Ngeprank Netizen Pakai Foto Bintang Palsu, Tapi Ternyata..

Selain melihat lebih jauh ke alam semesta daripada sebelumnya, Webb akan menangkap pandangan paling komprehensif dari objek di galaksi kita sendiri, yaitu beberapa dari 5.000 planet yang telah ditemukan di Bimasakti.

Oleh karenanya, penting adanya tenaga ahli yang benar-benar paham akan ilmu astronomi dan cara menafsirkannya secara logika manusia pada umumnya sehingga mampu dicerna oleh masyarakat dunia secara luas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US