The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meskipun Beda Alam dan Manfaat, Kecoa dan Udang Ternyata Miliki Hubungan Keluarga Loh!
Kiri: Udang. (Unsplash) Kanan: Kecoa. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Meskipun Beda Alam dan Manfaat, Kecoa dan Udang Ternyata Miliki Hubungan Keluarga Loh!

Kamis, 07 Juli 2022 10:00 WIB 07 Juli 2022, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Kecoa merupakan serangga yang paling menjijikan bagi kebanyakan orang. Hal ini lantaran tempat tinggal kecoa yang kerap kotor menjadikannya serangga yang membawa bau dan juga penyakit.

Berbeda dengan udang, seafood andalan yang kerap disukai banyak orang untuk dijadikan lauk teman makan. Tapi tahukah kamu jika kecoa dan udang ternyata memiliki hubungan keluarga?

Baca Juga: Kecil dan Kuat, Kecoa Ternyata Mampu Bertahan Hidup dari Radiasi Nuklir!

Dikutip dari penjelasan akun Instagram @ulaspengetahuan, kecoa dan udang tergabung di dalam kelompok filum yang sama yaitu 'Arthropoda'. Bedanya, kecoa hidup di darat sementara udang sendiri hidupnya di perairan.

Selain itu, hubungan kecoa dan udang juga dekat lantaran memiliki struktur penyusun tubuh yang sama persis. Kecoa dan udang terdiri dari tulang yang berada di luar tubuh atau 'Eksoskeleton' meski udang termasuk ke dalam kategori Custacean.

Kecoa dan udang memiliki tiga penyusun tubuh yang sama yaitu, kepala, thorax (leher) dan abdomen (perut). Bentuk kaki keduanya pun bisa dibilang cukup sama yaitu memiliki kaki yang bersendi.

Dengan begitu, kecoa, udang dan lobster memiliki kekerabatan yang sama. Lantas mengapa kecoa tak bisa dimakan oleh manusia? Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya bisa-bisa saja, namun kembali kepada kesehatan dan dampak yang ditimbulkan oleh kecoa.

Karena kecoa hidup di tempat yang cenderung kotor, tentu akan menjadi sumber penyakit bagi tubuh manusia jika dikonsumsi. Meskipun pencernaan manusia tergolong sistem yang paling sempurna dalam makhluk hidup, tapi perlu diketahui jika kecoa mampu membawa penyakit.

Adapun virus penyakit yang bisa dibawa oleh kecoa yaitu, bakteri Salmonella, E. Coli serta bakteri lainnya yang ditimbulkan dari bau yang ditinggalkan oleh kecoa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US