The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Orang Cerdas Selalu Dinilai dari IQ yang Tinggi?
Ilustrasi orang cerdas. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Benarkah Orang Cerdas Selalu Dinilai dari IQ yang Tinggi?

Juga dilihat dari perilaku.

Jumat, 21 Januari 2022 09:31 WIB 21 Januari 2022, 09:31 WIB

INDOZONE.ID - Di antara makhluk hidup yang ada, manusia menjadi satu-satunya makhluk yang paling sempurna lantaran memiliki akal untuk berpikir dan berperilaku. Kecerdasan tentu menjadi hal yang boleh dilupakan dari manusia yang mana menjadi hal yang sangat mengagumkan untuk membangun peradaban di dunia.

Kecerdasan biasanya diukur dari tingkat Intelligence Quotient (IQ) yang menunjukkan kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah dan upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Baca Juga: Studi Menyebutkan Penyintas COVID-19 Bisa Alami Turun IQ

Beberapa ilmuwan juga mengungkapkan kecerdasan seseorang tidak hanya berdasarkan IQ melainkan dapat dilihat dari tanda-tanda perilakunya sehari-hari seperti yang dipaparkan Psychologydaily.

1. Mudah beradaptasi

Menurut psikologi, kecerdasan ternyata tergantung bagaimana seseorang mampu menyesuaikan dirinya di berbagai kondisi. Mereka tetap bisa berkembang pada situasi dan kondisi sosial serta aturan sosial yang berbeda-beda.

Orang yang cerdas juga terlihat dari bagaimana mereka mampu mengambil sikap dalam lingkungan pertemanan mereka.

2. Selalu ingin tahu

Orang cerdas tentunya tidak akan puas dengan apa yang ia punya saat ini. Mereka cenderung menambah ilmu dan pengetahuan mereka secara terus menerus. Mereka akan penasaran dan mereka cenderung memilih untuk belajar lebih yang membuat mereka banyak pengetaguan dan kecerdasan yang berbeda dari orang lain.

3. Bisa bermain alat musik

Orang yang mampu memainkan alat musik juga dinilai sebagai orang yang cerdas. Pasalnya mereka mampu membedakan berbagai jenis suara yang membuat mereka mampu menemukan perubahan dan meningkatkan kerja saraf-saraf di otak.

4. Memiliki kepribadian yang lucu

Seseorang yang memiliki kepribadian lucu dapat dipastikan bahwa mereka adalah orang-orang yang cerdas. Hal ini lantaran dengan kemampuan mereka yang mudah beradaptasi, mereka tak akan hentinya mencari topik dan mencairkan suasana untuk membuat orang-orang sekitarnya nyaman. Salah satunya membuat humor dan guyonan yang mungkin tak terpikir oleh orang lain sebelumnya.

5. Memiliki kerendahan hati

Kamu tentu tahu kan pribahasa padi yang semakin berisi semakin merunduk? Nah, hal tersebut berlaku bagi mereka yang memiliki kecerdasan tinggi. Orang-orang cerdas cenderung memiliki kerendahan hati sesama manusia lantaran mereka menganggap apa yang mereka miliki masih kurang dari orang lain. Sehingga tak jarang mereka selalu menerima ide baru dan lebih berpikiran terbuka.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US