The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Asal-Usul Menu Sarapan yang Tercipta karena Insiden Tak Terduga, Kini Jadi Kebiasaan Orang
Ilustrasi sarapan. (freepik)
Fakta Dan Mitos

Asal-Usul Menu Sarapan yang Tercipta karena Insiden Tak Terduga, Kini Jadi Kebiasaan Orang

Minggu, 16 Januari 2022 09:54 WIB 16 Januari 2022, 09:54 WIB

INDOZONE.ID - Sarapan atau makan di pagi hari merupakan rutinitas yang dilakukan oleh semua orang. Sarapan juga dianggap menjadi hal yang penting dilakukan karena menjadi sumber energi untuk memulai aktivitas.

Perbedaan orang yang menyantap sarapan dan tidak dapat dilihat bagaiamana semangatnya dalam melakukan kegiatan. Meski memiliki menu yang berbeda, tetap saja sarapan akan lebih memberikan kesegaran kepada orang yang melakukannya.

Berbagai menu sarapan saat ini menjadi pilihan banyak orang, namun tak banyak yang mengetahui bagaimana menu sarapan tersebut bisa seperti menjadi makanan wajib sarapan di dunia. Berikut INDOZONE rangkum asal usul menu sarapan yang tercipta atas kejadian yang tak terduga yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 3 Menu Sarapan yang Harus Dihindari Jika Tak Mau Terkena Penyakit

1. Kopi

Asal-usul menu sarapan
Kopis menu sarapan. (freepik)

Kopi menjadi menu sarapan yang wajib bagi beberapa orang, khusunya pria. Banyak pria yang merasa tubuhnya akan lebih segar setelah meminum kopi. Menu yang satu ini bermula dari seorang pengembala kambing di Eithopia yang merasa heran bahwa binatang ternaknya lebih bersemangat dari sebelumnya. Namun, kambing tersebut susah tidur di malam hari.

Rupanya setelah diusut, para kambing tersebut memakan biji kopi saat siang hari. Pengembala itu pun langsung mencoba untuk membuat minuman dari biji kopi tersebut. Dan benar saja, sang pengembala pun merasa tubuhnya lebih segar. Sejak saat itu, kopi pun menjadi salah satu minuman favorit yang disuguhkan saat sarapan.

2. Roti tawar

Asal-usul menu sarapan
Menu sarapan roti tawar. (freepik)

Sarapan dengan roti tawar umumnya dilakukan oleh masyarakat perkotaan yang mengikuti hidup kebarat-baratan. Pada tahun 1928, Otto Rohwedder menciptakan mesin pemotong roti untuk toko roti yang dikelolanya.

Tanpa ia sangka, minat publik yang ditunjukkan kepada mesin rotinya tersebut amatlah tinggi. Sejak tahun 1929 Rohwedder pun mulai membuat mesin pemotong roti secara massal dan menjuanya ke toko-toko roti seantero AS.

Sejak saat itu, roti tawar dikonsumsi masyarakat AS disamping mengonsumsi roti-roti biasa pada umumnya. Selain itu, pada tahun 1800-an ditemukannya margarin menjadikan roti tawar sebagai pilihan untuk menu sarapan nikmat.

3. Margarin

Asal-usul menu sarapan
Menu sarapan margarin. (freepik)

Asal-usul penggunaan margarin untuk olesan roti dimulai pada tahun 1800-an. Dimana pemimpin Prancis, Napoleon III membuat sayembara untuk menemukan pembaruan margarin lantaran margarin yang terbuat dari lemak hewan cepat sekali busuk.

Pada tahun 1869, pakar kimia Prancis, Hippolyte Mege-Mouries menciptakan cikal bakal margarin yang bahan pembuatnya berasal dari lemak sapi, susu, dan air.

Saat temuan Mege-Mouries menyebar ke seantero Eropa, sebuah perusahaan makanan asal Belanda kemudian memodifikasi temuan Mege-Mouries tersebut dengan mengombinasikannya dengan roti dan benar saja makanan itu enak untuk dicoba menjadi sarapan.

4. Teh kantung

Asal-usul menu sarapan
Menu saran teh. (freepik)

Selain kopi, teh juga menjadi pilihan beberapa orang untuk dinikmati saat pagi. Pasalnya teh memberikan aroma yang sedap dan mampu menjadi penyemangat di pagi hari.

Pada tahun 1900-an, pedagang teh asal AS, Thomas Sullivan ingin mengekspor tehnya ke berbagai belahan dunia tanpa harus membuat teh tercemar atau berceceran. Thomas pun kemudian menciptakan kantung teh pada tahun 1908. Sullivan kemudian menerima masukan dari konsumennya kalau bahan yang digunakan untuk kantung tehnya terlalu tipis.

Namun hal tersebut kemudian ternyata malah menjadi berkah terselubung. Pasalnya alih-alih menuangkan isi kantung teh ke dalam teko seperti keinginan awal Sullivan, konsumen justru menyiapkan tehnya dengan cara memasukkan kantung dalam cangkir berisi air.  Sullivan kemudian menambahkan tali pada kantung teh supaya konsumennya bisa menyiapkan teh dengan lebih mudah.

5. Susu

Asal-usul menu sarapan
Menu sarapan susu. (freepik)

Secangkir susu mampu memberikan tenaga bagi para pekerja maupun pelajar yang akan melakukan aktivitas mereka. Susu sudah dikonsumsi oleh manusia sejak 10.000 tahun yang lalu. Kemudian sejak abad ke-14, susu menjadi menu sarapan lantaran dipercaya memiliki gizi yang tinggi dan setara dengan mengonsumsi roti.

Tak banyak cerita soal susu menjadi menu sarapan, lantaran susu memang menjadi minuman wajib bagi bangsa Eropa sejak dulu. Sehingga rasa-rasanya sedikit aneh jika tidak menyajikannya di meja makan.

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US