The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 28 April: Benito Mussolini Dieksekusi Mati dan Mayatnya Digantung di Depan Umum
Benito Mussolini (Insert) Dieksekusi Mati di depan umum bersama pengikutnya. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 28 April: Benito Mussolini Dieksekusi Mati dan Mayatnya Digantung di Depan Umum

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Rabu, 28 April 2021 05:17 WIB 28 April 2021, 05:17 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 28 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah  yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa eksekusi mati terhadap Benito Mussolini di depan umum dan perjalanan wisatawan pertama ke luar angkasa. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Rabu (28/4/2021).

1. Stadion Wembley atau yang dikenal dengan Empire Stadium, dijadikan tempat pembukaan Final Piala FA (1923). 

Penonton pada Final Piala FA 1923
Penonton pada Final Piala FA 1923. (Wikipedia).

Final Piala FA 1923 merupakan pertandingan sepak bola antara Bolton Wanderers dan West Ham United pada tanggal 28 April 1923 di bekas Stadion Wembley, London. Sebagai pertandingan kompetisi piala pertama sepak bola Inggris, Football Association Challenge Cup (dikenal sebagai FA Cup), inilah pertandingan sepak bola pertama yang dimainkan di Stadion Wembley. 

Raja George V hadir untuk menganugerahkan trofi kepada tim pemenang, yaitu Bolton Wanderers yang menang 2 : 0 melawan dan West Ham United. Pertandingan ini sering disebut sebagai "Final Kuda Putih" (White Horse Final) dan diperingati dengan dibangunnya Jembatan White Horse di Wembley Stadium yang baru.

2. Benito Mussolini dieksekusi para anggota gerakan pemberontakan Italia di depan umum. (1945).

Benito Mussolini
Benito Mussolini. (Wikipedia).

Benito Amilcare Andrea Mussolini adalah seorang politisi asal Italia dan pemimpin Partai Fasis Nasional. Ia dikenal sebagai Il Duce dan merupakan penggagas fasisme.

Akhir hidupnya tiba tak lama kemudian ketika akhirnya Fasis Italia dikalahkan pada tahun 1945. Ia, bersama dengan istri sirinya, dan tiga orang pendukung setianya ditangkap dan kemudian ditembak mati oleh kelompok perlawanan Italia (tepatnya kelompok komunis) di sebuah desa bernama Giulino di Mezzegra dan mayat mereka digantung terbalik kemudian dipertontonkan kepada publik di pompa bensin di Piazza Loreto, Milan. 

Sebelum digantung, mayat mereka diletakkan di jalanan kemudian ditembaki berkali-kali, diludahi, dilempari batu, dan ditendangi oleh rakyat yang marah terhadap sepak terjang Mussolini dan Partai Fasis-nya. 

Baca Juga: YouTuber Prank Ini Dihujat Gegara Lukis Masker Masuk ke Mall, Terancam Dideportasi

3. Chairil Anwar, penyair Indonesia Angkatan '45 meninggal dunia (1949).

Chairil Anwar
Chairil Anwar. (Wikipedia).

Chairil Anwar lahir dan dibesarkan di Medan, sebelum pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, di mana dia mulai menggeluti dunia sastra. Setelah mempublikasikan puisi pertamanya pada tahun 1942, Chairil terus menulis. Puisinya menyangkut berbagai tema, mulai dari pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme, hingga tak jarang multi-interpretasi.

Selama hidupnya, Chairil telah menulis sekitar 94 karya, termasuk 70 puisi; kebanyakan tidak dipublikasikan hingga kematiannya. Puisi terakhir Chairil berjudul Cemara Menderai Sampai Jauh, ditulis pada tahun 1949. Ia kemudian meninggal pada 28 April 1949 dan jasadnya dimakamkan di TPU Karet Bivak.

4. Dennis Tito menjadi wisatawan pertama yang berkunjung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk terbang bersama misi Soyuz (2001).

Dennis Tito
Dennis Tito. (Wikipedia).

Dennis Anthony Tito adalah insinyur, multimilyuner, dan tokoh pertama dari Amerika Serikat yang berwisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan terbang bersama Soyuz. Perjalanan wisata tersebut berlangsung antara tanggal 28 April-6 Mei 2001. Untuk menjalankan misi tersebut, Tito harus membayar sebanyak 20 juta dolar AS.

Sejak kembali dari luar angkasa, ia memberikan kesaksian di beberapa Komite dan sub komite di "Penerbangan Angkasa Manusia Komersial" pada tanggal 24 Juli 2003.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US