The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kucing Sangat Banyak Tidur, Cat Lover Harus Tahu Ini
Ilustrasi kucing yang tidur. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kucing Sangat Banyak Tidur, Cat Lover Harus Tahu Ini

Rabu, 23 Maret 2022 20:10 WIB 23 Maret 2022, 20:10 WIB

INDOZONE.ID - Siapapun yang menyukai kucing, biasanya akan memiliki beberapa potret di ponsel saat kucing kesayangannya tidur. Mengabadikan momen kucing tidur sering dianggap sebuah kegemasan tersendiri bagi pemiliknya.

Teruntuk Cat Lover (pecinta kucing), lantas ada pertanyaan, kenapa ya kucing sangat banyak tidur atau terlalu sering tidur? Ini fakta ilmiah yang bisa jadi jawaban untuk pecinta kucing.

Dilansir Encyclopedia Britannica, Rabu (23/3/2022), kucing tidur rata-rata 15 jam per hari. Beberapa dari mereka meregangkannya hingga 20 jam, terutama kucing dan anak kucing yang lebih tua.

Apa yang membuat kucing ini menjadi sangat lelah? Kucing adalah seekor predator alami. Mangsa mereka cepat dan sulit ditangkap. Menyelinap dan menerkam berulang kali tidak diragukan lagi cukup melelahkan.

Sementara itu, kucing di alam liar bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka dan mengeluarkan upaya fisik yang lebih banyak untuk mengisi ulang energi. Maka dari itu, tak heran kucing lebih sering dikenal dengan tidurnya.

Kemudian, kucing bukan hanya pemangsa, mereka adalah pemangsa krepuskular, yang berarti aktif saat remang-remang di peralihan hari, yakni di waktu senja dan fajar. Di waktu sisa hari lainnya, kucing akan memilih tidur, meskipun tidur itu ada dua jenis.

Sekitar tiga perempat dari tidur mereka adalah istirahat yang dangkal dan hampir bangun yang disebut tidur gelombang lambat (slow-wave sleep [SWS]). Kucing tertidur dalam posisi siap, indera penciuman dan pendengaran mereka dalam mode "aktif".

Telinga sesekali berkedut. Damai tapi tenang, mereka siap untuk bereaksi seketika: menerkam mangsa atau memukul dan mencakar pemiliknya karena keberanian membelai mereka saat mereka tidur. Tidur siang yang terkenal ini biasanya berlangsung selama 15–30 menit.

Seperempat waktu lainnya, kucing benar-benar kehabisan akal, tidur nyenyak, sering mencapai tidur sempurna. Akan terlihat seperti sedang bermimpi ketika kaki mereka gemetar, itu karena mereka mungkin sedang bermimpi. Tidur nyenyak ini biasanya terjadi dalam lima menit yang dipecah dengan tertidur.

Kenapa kucing selalu tidur? Singkatnya: karena keturunan. Sebagai spesies, kucing—apakah mereka tidur di jalan atau berpelukan di sofa—semuanya terhubung ke jam internal yang sama, dan umumnya kucing rumahan akan lebih sering tidur daripada kucing liar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US