The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Makin Bertambah, Kabarnya Bakal Ada Benua Baru di Samudra Pasifik, Benua Apa Ya?
Ilustrasi benua di Bumi. (LiveScience)
Fakta Dan Mitos

Makin Bertambah, Kabarnya Bakal Ada Benua Baru di Samudra Pasifik, Benua Apa Ya?

Apa namanya?

Rabu, 05 Oktober 2022 13:45 WIB 05 Oktober 2022, 13:45 WIB

INDOZONE.ID - Seiring berkembangnya zaman, Bumi pun tampaknya mengalami berbagai perubahan salah satunya pertumbuhan benua yang belakangan dikabarkan bakal muncul di muka Bumi. 

Pernyataan ini disampaikan oleh para ilmuwan dari Curtin University yang telah mengamati dan memastikan bakal muncul benua baru di Samudra Pasifik

Baca Juga: Mengenal Great Pacific Garbage Patch, Perputaran Partikel Sampah Laut di Samudra Pasifik

Dikutip dari Livescience, para ilmuwan mensimulasikan bagaimana benua baru di Bumi terbentuk lewat superkomputer. Menurut mereka telah terbantuk superbenua di Samudra Pasifik bernama Amasia yang merupakan benua yang terbentuk ketika Samudra Pasifik ditutup dalam 200 hingga 200 juta tahun lamanya. 

Pembentukan superbenua ini karena Bumi telah mendingin selama miliaran tahun lamanya yang menyebabkan lempengan yang menopang lautan menjadi tipis dan lebih lemah dari waktu ke waktu. 

Seperti yang diketahui, Samudra Pasifik sendiri merupakan sisa dari super Panthalassa yang mulai terbentuk 700 juta tahun yang lalu ketika bekas superbenua itu mulai pecah. 

Saat ini, Samudra Pasifik pun menyusut beberapa sentimeter setiap tahunnya dan dimensi benua pun sekitar 10 ribu kilometer diperkirakan membutuhkan 200 hingga 300 juta tahun lagi untuk benar-benar benua tersebut menutup lautan di Samudra Pasifik hingga terbentuknya samudra baru di Bumi. 

Baca Juga: Duh, Asteroid Berpotensi Berbahaya yang Berukuran Raksasa Akan Lewati Bumi

Alasan superbenua baru ini pun diberi nama Amasia lantaran beberapa ilmuwan percaya bahwa Samudra Pasifik akan menutup Samudra Pasifik ketika benua Amerika bertabrakan dengan benua Asia. 

Benua Australia juga diharapkan mampu berperan dalam peristiwa Bumi yang kritis ini. Di mana yang pertama benua tersebut bertabrakan dengan Asia dan kemudian menghubungkan Amerika dan Asia begitu Samudra Pasifik ditutup.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US