5 Fakta Hutan Amazon, Nomor 2 Pasti Kamu Belum Tau!
Hutan Amazon. (neomondo)
Fakta Dan Mitos

5 Fakta Hutan Amazon, Nomor 2 Pasti Kamu Belum Tau!

Selasa, 15 Oktober 2019 14:31 WIB 15 Oktober 2019, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Hutan Amazon adalah hutan hujan terluas yang terletak di Amazon, Amerika Selatan. Hutan Amazon juga dikenal sebagai surga indah bagi begitu banyak flora maupun fauna.

Beberapa waktu lalu, kebakaran di hutan tropis ini tercatat sebagai rekor terparah di tahun 2019.

Berdasarkan Pusat Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE) terdapat 72.843 titik api di Hutan Amazon. Bahkan, akibat banyaknya titik api tersebut asap terbakarnya hutan terlihat hingga luar angkasa.

Padahal, Hutan Amazon menyimpan keindahan dan sejumlah misteri bagi manusia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menakjubkan hutan Amazon yang #KAMUHARUSTAU.

1. Paru-Paru Dunia

Tak hanya dikenal dengan keganasan serta keindahannya, Hutan Amazon dijuluki sebagai paru-paru dunia. Hutan Amazon memasok 30 persen oksigen dunia.

Hutan Amazon
(worldwildlife)

Banyaknya tumbuhan di Hutan Amazon berperan penting dalam menyerap karbondioksida karena itu merupakan salah satu komponen fotosintesis untuk menghasilkan oksigen.

2. Mencakup Sembilan Negara

Hutan Amazon luasnya 6,7 juta kilometer persegi atau setara dua kali luas wilayah India. Amazon merupakan hutan tropis paling luas di dunia.

Ilustrasi
(Pixabay/Milada Vigerova)

Bahkan, saking luasnya hutan Amazon ini, wilayahnya mencakup hingga sembilan negara, di antaranya Brasil, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

3. Banyak Tanaman dan Binatang unik

Dengan luasnya Hutan Amazon, menjadi tempat yang indah untuk banyak spesies hewan maupun tumbuhan.

ilustrasi
(Pixabay/Jake Heckey)

Hutan tersebut memiliki 40.000 spesies tanaman, 16.000 jenis pohon, 5.600 jenis ikan, 1.300 spesies burung, lebih dari 430 hewan mamalia, sekitar 1.000 amfibi, dan lebih dari 400 reptil.

4. Sungai Amazon

Meskipun sungai Amazon bukanlah sungai terpanjang di dunia, tapi tetap saja panjang sungai ini terbilang sangat panjang, yakni sekitar 6.400 kilometer.

sungai amazon
(neomondo)

Yang menarik adalah sungai Amazon ditinggali beberapa binatang yang cukup mengerikan, diantaranya seperti piranha, anaconda hijau, belut listrik, caiman hitam dan ikan langka seperti arapaima, yang merupakan jenis ikan air tawar terbesar yang dapat ditemui di sungai Amazon.

5. Rumah Penduduk Asli Amerika

Hutan Amazon merupakan rumah dari satu juta penduduk Suku Indian di Amazon, Amerika Selatan, mereka tinggal di desa dekat Sungai Amazon.

ilustrasi
(Pixabay/Hans Schwarzkopf)

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka berburu, mencari ikan, dan bercocok tanam. Sebagai penduduk asli, mereka selalu menjaga kelestarian hutan Amazon.

Itulah beberapa fakta di hutan amazon, dari segala keindahannya yang menyimpan begitu banyak misteri yang menarik untuk dipelajari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti
Yulia Marianti
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU