The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Secretary Bird, Burung Cantik nan Anggun dari Benua Afrika
Secretary Bird. (sandiegozoo)
Fakta Dan Mitos

Secretary Bird, Burung Cantik nan Anggun dari Benua Afrika

Jangan tertipu dengan kecantikannya.

Rabu, 26 Februari 2020 14:03 WIB 26 Februari 2020, 14:03 WIB

INDOZONE.ID - Secretary Bird atau Burung Sekretaris adalah jenis unggas yang memiliki penampilan yang sangat cantik nan anggun bagaikan wanita berkelas. Tak heran jika banyak orang menganggap nama burung ini terinspirasi oleh profesi sekretaris yang sejak dulu identik dengan wanita berparas rupawan.

Padahal kata ‘secretary’ pada nama burung tersebut kemungkinan besar diambil dari Bahasa Arab yaitu saqr-et-tair, yang memiliki arti burung pemangsa.

Meskipun secretary bird adalah burung pemangsa yang sama seperti burung elang dan burung rajawali, tetapi burung ini memiliki familia sendiri yaitu Sagittariidae. Istilah Sagittariidae diambil dari bahasa Latin yang memiliki makna pemanah. Sehingga nama ini sangat cocok dengan kemampuan secretary bird sebagai seekor burung pemangsa.

Sayangnya, secretary bird sering kali malah menjadi sasaran sesama burung yang lebih besar seperti burung gagak dan burung hantu karena keberadaannya yang lebih sering di darat. Meskipun mereka banyak menghabiskan waktu di daratan, burung ini tetap memiliki sarang di atas pohon, tepatnya di pohon Akasia.

Secretary Bird
Secretary Bird. (allyouneedisbiology)

Burung ini juga setia pada pasangannya, mereka memilih untuk tetap terus tinggal bersama pasangan hingga akhir. Saat mencari mangsa, secretary bird melakukannya bersama pasangan ataupun berkelompok.

Secretary bird memiliki cara unik dalam berburu. Umumnya burung pemangsa akan berburu dari atas ketinggian. Namun secretary bird, berburu dari atas tanah tanpa menggunakan sayap alias berjalan kaki. Mereka akan menangkap mangsa menggunakan kedua kakinya, lalu membantingnya ke tanah sebelum akhirnya melemparnya beberapa kali ke udara hingga layak untuk mereka nikmati.

Hewan-hewan yang menjadi mangsa secretary bird biasanya berupa mamalia yang berukuran tidak terlalu besar seperti musang. Selain itu, mereka juga memangsa serangga, hewan laut seperti kura-kura dan kepiting, kadal bahkan ular.

Karena kemampuannya, secretary bird sangat diandalkan oleh warga Afrika untuk memangsa hama dan ular. Bahkan gambar atau foto secretary bird digunakan sebagai simbol negara Sudan, lambang-lambang militer Sudan dan menjadi motif perangko di beberapa negara.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US