The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Jenis Ikan Paus, Berikut Fakta Unik dari Paus Orca yang Kerap Disebut Paus Pembunuh
Paus Orca. (dunialaut.com)
Fakta Dan Mitos

Bukan Jenis Ikan Paus, Berikut Fakta Unik dari Paus Orca yang Kerap Disebut Paus Pembunuh

Karena bentuk gigi

Rabu, 13 Oktober 2021 20:29 WIB 13 Oktober 2021, 20:29 WIB

INDOZONE.ID - Jika selama ini kita menganggap ikan paus orca merupakan salah satu spesies ikan paus lainnya, ternyata kita salah besar. Wah kok git? Ya, karena ikan yang memiliki nama latin Ornicus Orca ini merupakan salah satu spesies lumba-lumba terbesar dari kelompok lumba-lumba lainnya.

Lalu, mengapa ia disebut dengan ikan paus?

Hal ini lantaran bentuk giginya merupakan jenis gigi balin, yakni gigi yang berbentuk seperti sikat dan berguna untuk menyaring makanan.

Baca Juga: Paus Orca Ini Mati Mendadak di Sea World San Diego!

Gigi ini merupakan ciri khas gigi yang dimiliki oleh kebanyakan paus. Sedangkan jika paus Orca masuk ke kelompok lumba-lumba, ia akan menjadi kelompok lumba-lumba yang bergigi tajam.

Jadi, sebenarnya penamaan yang tepat adalah lumba-lumba orca. Kemungkinan mamalia ini disebut paus adalah karena ukurannya yang lebih besar daripada lumba-lumba lainnya.

Paus orca sendiri mempunyai rupa fisik berwarna hitam dengan bagian samping dan dada berwarna putih.

Sirip paus orca bisa mencapai 1,8 meter dan panjang ukuran dewasanya bisa mencapai 9,8 meter. Mereka juga dapat berenang dengan kecepatan 55 kilometer per jam.

Selain itu, paus orca juga mempunyai julukan sebagai paus pembunuh. Asal-usul sebutan paus pembunuh atau paus orca ternyata sudah sejak dahulu. Tepatnya, ketika pelaut kuno melihat paus orca ini sedang berburu mangsa, yaitu paus yang tentu ukurannya lebih besar.

Mulai dari situlah lumba-lumba ini mempunyai julukan pembunuh paus dan sekarang julukannya terbalik menjadi paus pembunuh. Tapi, bukan berarti paus orca seagresif ikan hiu atau predator lainnya.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US