The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Menemukan Serigala Abu-abu Mungkin Berasal dari Nenek Moyang Anjing!
Serigala abu-abu. (photo/Ilustrasi/Dok. Science.org)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Menemukan Serigala Abu-abu Mungkin Berasal dari Nenek Moyang Anjing!

Kamis, 28 Oktober 2021 14:14 WIB 28 Oktober 2021, 14:14 WIB

INDOZONE.ID - Selain mempunyai pemandangan yang indah, Jepang juga mempunyai sejumlah cerita mitologi yang dipercaya masyarakat di sana. Salah satunya adalah okuri-okami, yang merupakan serigala yang akan mengantar kamu selamat ke tujuan. 

Makhluk dari cerita rakyat ini mungkin didasarkan pada serigala Jepang, hewan seukuran anjing collie dengan kaki dan telinga pendek yang hidup di Jepang untuk ribuan tahun dan dimusnahkan manusia pada awal abad ke-20. 

Kini, para ilmuwan mempelajari DNA purba dari tulang serigala ini mengatakan bahwa mereka telah pecahkan misteri lama dari mana asalnya: populasi serigala abu-abu yang lenyap di Asia Timur yang juga munculkan anjing modern. 

Melihat hal itu, Peter Savolainen selaku ahli genetika di Royal Institute of Technology di Stockholm memberikan komentarnya. 

"Ini adalah studi yang sangat mendalam dan teliti," ungkapnya.

Penelitian tersebut dikatakan menambahkan bukti gagasan bahwa anjing muncul di Asia Timur, seperti yang dia dan peneliti lain menduga, dibandingkan dengan Eropa atau Timur Tengah, seperti yang telah diusulkan beberapa ahli. '

Semua anjing untuk saat ini kemungkinan berasal dari satu populasi serigala abu-abu. Tetapi, tepatnya di mana dan kapan serigala itu hidup telah lama menjadi sumber perdebatan yang kontroversial. Sebagian dari masalahnya adalah bahwa meskipun spesies tersebut tetap ada, maka populasi aslinya kemungkinan telah lenyap, menghapus petunjuk genetik mengenai asal-usul anjing. 

Untuk mengetahuinya, Yohey Terai selaku ahli biologi evolusi (dan pecinta anjing) di Graduate University for Advanced Studies di Hayama, Jepang dan rekannya dilaporkan telah mengurutkan dan mengekstrak genom lengkap dari sembilan serigala di Jepang, termasuk dengan spesimen museum dan tengkorak yang ditemukan pada atap rumah tua. 

Pentingnya, data menunjukkan bahwa anjing dan serigala Jepang mempunyai nenek moyang yang sama: populasi serigala abu-abu yang punah yang menetap di suatu tempat di Asia Timur, mengingat kemungkinan lintasan serigala Jepang dan anjing purba. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US