The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan dari Indonesia, Peneliti Klaim Komodo Justru Berasal dari Australia
Komodo (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Bukan dari Indonesia, Peneliti Klaim Komodo Justru Berasal dari Australia

Jumat, 05 Maret 2021 13:25 WIB 05 Maret 2021, 13:25 WIB

INDOZONE.ID - Komodo selama ini dikenal sebagai hewan endemik yang hanya ada di Indonesia. Namun, ilmuwan dari Universitas Nasional Australia (ANU) mengklaim bahwa komodo sebenarnya berasal dari Australia.

Menurut peneliti, awalnya komodo hidup di Australia jutaan tahun lalu, dan kemudian pindah ke Kepulauan Sunda Kecil (Indonesia) dan punah secara total di Australia.

Klaim ini didapatkan setelah peneliti mencari bukti hibridisasi (kawin silang dua spesies berbeda) purba antara komodo dengan biawak pasir. 

"Komodo berasal dari Australia Utara dan beremigrasi ke Kepulauan Sunda Kecil sebelum punah secara lokal di Australia," kata para peneliti dalam studi yang dilaporkan di ResearchGate Januari 2021.

Pimpinan peneliti, Carlos J Pavón-Vázquez menjelaskan bahwa komodo memiliki hubungan genetik yang sama dengan empat spesies biawak pasir, hewan yang ditemukan di Australia.

Kuat dugaan dulunya komodo "selingkuh" dengan biawak pasir sehingga menghasilkan hibridisasi antara spesies. Analisis biogeografi juga mengungkap bahwa komodo dan biawak pasir pernah hidup berbarengan di Australia Utara.

"Sejalan dengan catatan fosil, temuan itu memberikan bukti lebih lanjut bahwa Komodo pernah menghuni benua Australia," ujar Vázquez.

Jadi, jika komodo hanya berada di Indonesia, maka tidak mungkin ada kesamaan hubungan genetik dengan biawak pasir yang hanya ditemukan di Australia dan bagian selatan Papua Nugini.

Biawak pasir dan komodo juga memiliki banyak kesamaan dibandingkan perkiraan peneliti sebelumnya.

"Sebelumnya diasumsikan bahwa komodo adalah contoh baik dari apa yang para ahli biologi sebut sebagai aturan pulau - dengan hewan yang lebih kecil tumbuh menjadi lebih besar di lingkungan pulau. Tapi temuan kami memberikan bukti yang lebih kuat bahwa komodo sudah berukuran besar ketika masih di Australia," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US