The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 2 April: AS Resmi Terlibat Perang Dunia I dan Berdirinya Merpati Putih
Para pasukan AS di PD I (Wikipedia), Perguruan Silat Merpati Putih. (Youtube).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 2 April: AS Resmi Terlibat Perang Dunia I dan Berdirinya Merpati Putih

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Jumat, 02 April 2021 10:46 WIB 02 April 2021, 10:46 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 2 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah Amerika Serikat resmi terlibat Perang Dunia I dan pembentukan Pencak SIlat Merpati Putih. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Jumat (2/4/2021).

1. Presiden Woodrow Wilson minta Kongres untuk perang terhadap Jerman, AS resmi terlibat di Perang Dunia I (1997).

Presiden Wilson nyatakn perang kepada Jerman di PD I.
Presiden Wilson nyatakn perang kepada Jerman di PD I. (Wikipedia)

Perang Dunia I (PDI) adalah sebuah perang global terpusat di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini sering disebut Perang Dunia atau Perang Besar sejak terjadi sampai dimulainya Perang Dunia II pada tahun 1939. 

Saat pecah perang, Amerika Serikat mengambil kebijakan non-intervensi, yaitu menghindari konflik tetapi mencoba menciptakan perdamaian. Ketika sebuah kapal-U Jerman menenggelamkan kapal pesiar Britania RMS Lusitania tanggal 7 Mei 1915 yang juga menewaskan 128 warga negara Amerika Serikat, Presiden Woodrow Wilson meminta kepada Kongres pada 2 April 1917, untuk mengumumkan perang terhadap Jerman. 

2. Terbentuknya Perguruan Pencak Silat Merpati putih (1963).

Screenshoot ilustrasi Pencak Silat Merpati Putih.
Screenshoot ilustrasi Pencak Silat Merpati Putih. (Youtube)

Merpati Putih (MP) merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako) dan merupakan salah satu aset budaya bangsa, mulai terbentuk aliran jenis beladiri ini pada sekitar tahun 1550-an dan perlu dilestarikan serta dikembangkan selaras dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi dewasa ini.

Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri dengan jumlah kelompok latihan sebanyak 415 buah  yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak kurang lebih dua setengah juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Tak Niat Tembak Mati, Polisi Awalnya Ingin Lumpuhkan Zakiah

3. Bos mafia John Gotti dihukum karena pembunuhan dan pemerasan di New York (1992).

John Gotti.
John Gotti. (Wikipedia).

John Joseph Gotti Jr.  adalah seorang gangster Amerika dan bos dari keluarga kriminal Gambino di New York City. Dia memerintahkan dan membantu mengatur pembunuhan bos Gambino Paul Castellano pada bulan Desember 1985 dan mengambil alih keluarga tidak lama kemudian, menjadi bos dari apa yang digambarkan sebagai sindikat kejahatan paling kuat di Amerika.

Agen FBI dan detektif NYPD menggerebek Ravenite, menangkap Gotti, Gravano dan Frank Locascio. Jaksa federal mendakwa Gotti, dalam kasus pemerasan baru ini, dengan lima pembunuhan, bersekongkol untuk membunuh Gaetano "Corky" Vastol , rentenir, perjudian ilegal, menghalangi keadilan, penyuapan dan penggelapan pajak.

Pada tanggal 2 April 1992, setelah hanya 14 jam musyawarah, juri memutuskan Gotti bersalah atas semua tuduhan dakwaan (Locascio dinyatakan bersalah atas semua kecuali satu). 

4. Penembakan massal di Universitas Oikos di California (2012).

Kasus penembakan di Universitas Oikos.
Kasus penembakan di Universitas Oikos. (Youtube/AP)

Penembakan Universitas Oikos terjadi pada tanggal 2 April 2012, ketika seorang pria bersenjata menembak orang-orang di dalam Universitas Oikos, sebuah perguruan tinggi Kristen Korea di Oakland, California, Amerika Serikat. Dalam beberapa jam, jumlah kematian yang dilaporkan mencapai tujuh korban.

One L. Goh, mantan siswa di sekolah tersebut, ditahan dan diidentifikasi sebagai tersangka dalam penembakan tersebut. Bersama dengan Universitas Negeri California, pembantaian Fullerton, ini adalah penembakan universitas paling mematikan keempat dalam sejarah Amerika Serikat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US