The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 1 April: Pembentukan Kota Sukabumi dan Pendirian Appla Inc
Kota Sukabumi. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 1 April: Pembentukan Kota Sukabumi dan Pendirian Appla Inc

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Kamis, 01 April 2021 10:03 WIB 01 April 2021, 10:03 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 1 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah pembentukan Kota Sukabumi dan Pendirian Apple Inc. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Kamis (1/4/2021).

1. Samuel Morey patenkan mesin pembakaran dalam (1826).

Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber).

Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston) ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten pada 1 April.

2. Kota Sukabumi dibentuk oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan nama Gementee Soekaboemi (1914).

Kota Sukabumi merupakan suatu wilayah di Jawa Barat yang mengalami perkembangan pesat dibandingkan daerah lainnya. Pada awalnya Sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintahan District Goenoeng Parang, Onderafdeeling Tjiheulang yang merupakan bagian dari Afdeeling Tjiandjoer, Residentie Preanger (Regeerings Almanaks tahun 1872). 

Status Soekaboemi sebagai kota sendiri dimulai pada 1 April 1914, di mana pemerintahan Hindia Belanda meresmikan Soekaboemi sebagai Gemeente (Kotapraja) dikarenakan populasi bangsa Eropa yang berdomisili cukup signifikan. Tanggal 1 April dipilih untuk memperingati kemenangan kelompok Geuzen (leluhur bangsa Belanda) dalam merebut kota Brielle dari tangan Spanyol dalam Perang Delapan Puluh Tahun yang terjadi pada 1 April 1572. 

Kantor Perusahaan Apple.
Kantor Perusahaan Apple. (Wikipedia).

3. Apple Computer didirikan (1977).

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, dan layanan daring. Perangkat keras yang diproduksi Apple meliputi telepon pintar iPhone, komputer tablet iPad, komputer pribadi Mac, pemutar media portabel iPod, jam pintar Apple Watch, pemutar media digital Apple TV, dan pengeras suara pintar HomePod. 

Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada 1 April 1976 untuk mengembangkan dan menjual komputer pribadi Apple I buatan Wozniak. Apple menjadi perusahaan terbuka pada tahun 1980 dan meraup laba yang sangat besar. Selama beberapa tahun berikutnya, Apple memproduksi komputer-komputer baru yang memiliki antarmuka pengguna grafis inovatif seperti Macintosh pertama tahun 1984. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US