The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Ironi, Benarkah Orang Pertama Kali Berpikir Kapal Titanic Tidak Dapat Tenggelam?
Kapal Titanic. (Photo/Ilustrasi/Britannica)
Fakta Dan Mitos

Kisah Ironi, Benarkah Orang Pertama Kali Berpikir Kapal Titanic Tidak Dapat Tenggelam?

Minggu, 24 April 2022 20:25 WIB 24 April 2022, 20:25 WIB

INDOZONE.ID - Pertama kali selesai dan segera dilayarkan ke samudra, kapal Titanic dipuji dan dianggap menjadi salah satu kapal yang tidak dapat tenggelam. Sayangnya hal tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Kapal Titanic justru tenggelam setelah menabrak gunung es pada perjalan pertamanya melintasi Samudra Atlantik. Sangat konyol jika kapal tersebut dianggap tidak akan tenggelam - padahal memiliki berat hingga 50.000 ton.

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa kapal tersebut tidak dapat tenggelam, namun pada kenyataannya tragedi itu masih menjadi hal yang sering diperbincangkan hingga saat ini.

Disadur Encyclopedia Britannica, Minggu (24/4/2022), pada masanya, orang-orang mengira itu adalah kapal yang benar-benar tidak dapat tenggelam dalam keadaan apapun, hal ini jelas karena kapal yang didesain Thomas Andrews adalah kapal paling canggih di zamannya.

Sayangnya, klaim 'tidak dapat tenggelam' dihantam oleh kenyataan yang terjadi dan telah dijadikan dalam sebuah film. Seorang Wakil Presiden Perusahaan yang bertanggung jawab atas pelayaran itu mengatakan kepada Kongres Amerika Serikat (AS) bahwa dirinya tidak percaya kapal itu tenggelam - karena awalnya dianggap tidak dapat tenggelam.

Gagasan atau mindset yang dibangun terhadap kapal tersebut oleh majalah, artikel surat kabar, hingga iklan perusahaan justru berbanding terbalik dengan kabar yang diterima oleh Kongres AS.

Artikel bahkan menjelaskan secara rinci tentang teknologi yang ada di kapal tersebut, termasuk fitur-fitur berteknologi canggih. Fitur utama adalah 16 kompartemen di dalam lambung yang pintunya dapat tertutup dengan menekan saklar.

Diyakini pada saat itu, bahwa kemampuan untuk menutup kompartemen dengan cepat dapat membuat kapal tetap mengapung meskipun mengalami kerusakan. Apakah hal itu benar?

Meskipun terlihat berlebihan untuk mengklaim bahwa tidak ada yang mengira kapal itu tidak dapat tenggelam, sebelum Titanic tenggelam, orang-orang tidak terlalu tertarik isu soal kapal itu yang tidak dapat tenggelam.

Nilai jual Titanic sebenarnya adalah kemegahan dan kemewahannya, bukan keamanannya. Sebagian besar artikel dan iklan Titanic berfokus pada ukuran dan akomodasinya, bukan pada detail desainnya, dan penumpang kaya yang naik kapal memilihnya karena gengsi dan kenyamanannya.

Hanya setelah tragedi yang tak terelakkan, kapal yang awalnya disebut-sebut “tidak dapat tenggelam” justru berakhir tragis dan benar-benar membawa klaim itu ke bukti yang tidak konkret.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M. Rio Fani
M Fadli

M Fadli

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US