The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Eskperimen China Ciptakan Bulan Tiruan untuk Kehidupan Mendatang, Bukan Main!
Ilustrasi Bulan. (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Eskperimen China Ciptakan Bulan Tiruan untuk Kehidupan Mendatang, Bukan Main!

Apa itu?

Rabu, 19 Januari 2022 16:37 WIB 19 Januari 2022, 16:37 WIB

INDOZONE.ID - Kabar mengejutkan datang dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Baru-baru ini negara tersebut mengkonfirmasi bahwa mereka telah berhasil menciptakan Bulan tiruan dari teknologi canggih mereka.

Tak main-main, mereka pun mengungkapkan jika Bulan tiruan ini nantinya akan digunakan untuk kehidupan yang akan datang. Maksudnya?

Bukan menggantikan Bulan yang ada, namun lagi-lagi Tiongkok mengatakan bahwa Bulan tiruan ini digunakan sebagai alat penelitian mereka. Dilansir Livescience, Bulan tiruan menjadi eksperimen Tiongkok dalam memperkecil gaya gravitasi di suatu tempat menggunakan magnet.

Fasilitas yang dijadwalkan diresmikan tahun ini akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang kedap udara berdiameter 60 sentimeter untuk membuat gravitasi hilang.

Baca Juga: Ilmuwan Bangun Kotak Hitam Monolit Rekam Hari Kiamat, Yakin Dibuat Tak Bisa Hancur

Akibatnya, gaya gravitasi di ruang kedap udara tersebut akan memiliki gravitasi yang mirip seperti berada di Bulan. Gravitasi ini lah yang akan dimanfaatkan menjadi sumber penelitian Tiongkok akan kehidupan yang mendatang.

Li Ruilin, insinyur geoteknik Tiongkok, mengungkapkan bahwa ruangan tersebut nantinya diisi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan bulan. Ilmuwan Tiongkok berencana menggunakan fasilitas ini untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah sebelum dikirim ke Bulan.

Melalui penelitian ini, para peneliti serta menguji apakah ada struktur tertentu yang akan bertahan di permukaan Bulan. Bulan tiruan ini membantu mengurangi kemungkinan kerusakan alat penelitian yang dari dikirim dari Bumi ke Bulan. Sebab, penelitian mengenai Bulan sudah semakin maju, sehingga banyak alat penelitian dan wahana yang dikirimkan untuk menjelajah permukaan Bulan.

Selain itu, Bulan tiruan ini dapat membantu peneliti menemukan jawaban, apakah permukaan Bulan bisa dijadikan pemukiman manusia. Bulan tiruan ini juga akan dijadikan untuk memberikan informasi untuk program penjelajahan Bulan oleh Tiongkok.

Tiongkok sendiri rupanya sudah memiliki program penjelajahan Bulan, di antaranya adalah misi Chang'e 4 pada tahun 2019. Selain itu, ada Chang'e 5 yang mengambil sampel batuan dari permukaan bulan pada 2020.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US