The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miliki Kepala Mirip Luwak, Dua Patung Sphinx Kolosal Milik Firaun Amenhotep III Ditemukan
Spinx berkepala luwak. (Foto/Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)
Fakta Dan Mitos

Miliki Kepala Mirip Luwak, Dua Patung Sphinx Kolosal Milik Firaun Amenhotep III Ditemukan

Rabu, 26 Januari 2022 21:28 WIB 26 Januari 2022, 21:28 WIB

INDOZONE.ID - Para arkeolog di Mesir telah menemukan dua patung batu kapur kolosal Raja Amenhotep III yang dibuat agar terlihat seperti sphinx.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir sebuah misi arkeologi Mesir-Jerman menemukan patung seperti sphinx, yang panjangnya sekitar 26 kaki (8 meter) dibuat untuk Raja Amenhotep III diketahui untuk perdamaian dan kemakmurannya.

Amenhotep III merupakan seorang firaun dinasti ke-18 yang pemerintahannya (sekitar 1390 SM hingga 1353 SM) merupakan kakek dari Raja Tutankhamun.

Seperti yang dikutip Sciencealert Rabu (26/1/2022), tim menggali sphinx di ibu kota kuno Thebes (Luxor modern) di kuil kamar mayat Raja Amenhotep III, yang disebut 'Kuil Jutaan Tahun' oleh orang Mesir kuno.

Patung Raja Amenhotep III.
Patung Raja Amenhotep III. (Foto/Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan pernyataan penemuan ini pada 13 Januari 2022 kemarin.

Penggambaran Amenhotep III yang mirip sphinx dikenal sebagai colossi, atau patung yang lebih besar dari kehidupan.

Menurut media Timur Tengah Al-Monitor, misi arkeologi Proyek Pelestarian Kuil Colossi of Memnon dan Amenhotep III, yang dimulai pada tahun 1998, juga menemukan reruntuhan tiang dan dinding di kuil kamar mayat yang telah didekorasi oleh orang Mesir kuno dengan adegan seremonial dan ritual.

Mustafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, mengatakan dalam pernyataan bahwa dua patung colossi Amenhotep III mengenakan hiasan kepala berbentuk binatang luwak, janggut kerajaan dan kalung lebar.

Sebuah restorasi mengungkapkan sebuah prasasti di dada salah satu colossi yang bertuliskan "kekasih Amun-Re," referensi ke Amenhotep III.

"Kuil ini menampung sejumlah besar patung, model, dan dekorasi dinding, sebelum diguncang gempa dahsyat pada 1200 SM," Egyptolologist Hourig Sourouzian, kepala misi arkeologi, mengatakan kepada Al-Monitor.

Dalam penggalian tersebut ditemukan tiga patung dewi kuat Sakhmet (juga dieja Sekhmet) yang cukup terpelihara dengan baik.

Patung itu digambarkan memiliki kepala singa di tubuh seorang wanita.

Patung-patung Sakhmet terletak di bagian depan halaman interior terbuka, yang dikenal sebagai pelataran peristyle.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US