The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 23 April: Jatuhnya Pesawat Boeing 707 di Bali hingga Hari Buku Sedunia
Hari buku sedunia pada 23 April (Pexels/Sofia Alejandra).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 23 April: Jatuhnya Pesawat Boeing 707 di Bali hingga Hari Buku Sedunia

Peristiwa apa saja?

Jumat, 23 April 2021 10:18 WIB 23 April 2021, 10:18 WIB

INDOZONE.ID - Peristiwa-peristiwa menarik dan bersejarah terjadi pada 23 April yang tepat jatuh pada hari ini. Berikut Indozone merangkumnya.

Tepat pada 23 April, beberapa peristiwa mewarnai dunia yang juga tercatat dalam sejarah. Meomen-momen tak terlupakan mewarnai tanggal 23 April di masa lalu.

Mulai dari peristiwa pilu meledaknya pesawat di Bali pada tahun 70-an hingga perayaan hari buku yang diperingati hari ini. Berikut rangkumannya.

1. Meledaknya pesawat Boeing 707 di Bali

Pesawat Pan Am nomor penerbangan 812 yang meledak di Bali.
Pesawat Pan Am nomor penerbangan 812 yang meledak di Bali (Wikipedia).

Tepat 47 tahun lalu, pesawat Boeing 707 milik maskapai Pan American (Pan AM) mengalami kecelakaan naas yang menewaskan 107 orang di Bali. Pan Am sendiri dikenal sebagai pelopor maskapai kelas ekonomi modern di Amerika Serikat yang melayani penerbangan jarak jauh.

Kala itu, pesawat Pan Am dengan nomor penerbangan 812 akan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, namun pesawat tersebut tak kunjung mendarat. Pilot Capt. Donald Zinke dari hasil investigasi mengaku belum melihat bandara hingga pada akhirnya puing-puing pesawat ditemukan di Gunung Tinga-tinga di Desa Patas, Gerokgak, Buleleng, Bali.

Milter AS dan FBI dilibatkan untuk penyelidikan kecelakaan tersebut. Mereka sempat kesulitan mencapai TKP dan baru bisa mencapai lokasi kejadian dalam waktu 2 hari.

Baca Juga: Peristiwa 24 Februari: Kelahiran Steve Jobs hingga Berdirinya Partai Nazi

2. Ditemukannya virus penyebab AIDS

Virus HTLV 3 penyebab AIDS
Virus HTLV 3 penyebab AIDS (Picture attributed to uLtRa_GoLiAtH).

Virus penyebab AIDS, HTLV-3 ditemukan tim peneliti AS pada 23 April 1984. Pada tahun 1983, Jean Claude Chermann dan Françoise Barré-Sinoussi dari Prancis berhasil mengisolasi HIV untuk pertama kalinya dari seorang penderita sindrom limfadenopati.

Pada awalnya, virus itu disebut ALV (lymphadenopathy-associated virus). Bersama dengan Luc Montagnier, mereka membuktikan bahwa virus tersebut merupakan penyebab AIDS.

Pada awal tahun 1984, Robert Gallo dari Amerika Serikat juga meneliti tentang virus penyebab AIDS yang disebut HTLV-III. Setelah diteliti lebih lanjut, terbukti bahwa ALV dan HTLV-III merupakan virus yang sama dan pada tahun 1986, istilah yang digunakan untuk menyebut virus tersebut adalah HIV, atau lebih spesifik lagi disebut HIV-1.

3. Hari buku sedunia

Hari buku sedunia diperingati sejak 1995.
Hari buku sedunia diperingati sejak 1995 (Pexels/Karolina Grabowska).

Hari buku sedunia diperingati setiap tanggal 23 April semenjak tahun 1995. Pada 1995, UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai peringatan hari buku sedunia.

Usulan penetapan Hari Buku Sedunia  pertama kali diinisiasi oleh Valencia Vicente Clavel Andres dalam rangka memperingati hari kematian Miguel de Cervantes, seorang novelis, serta penyair dari Spanyol yang terkenal dengan karyanya Don Quixote.

Selain itu, di tanggal yang sama pula, penulis ternama lain seperti William Shakespeare dan David Halberstam lahir. Meski begitu, ada pula beberapa negara seperti Irlanida, Swedia, dan Inggris yang menetapkan hari buku di tanggal berbeda.

4. Boris Yeltsin meninggal dunia

Mantan Presiden Rusia Boris Yeltsin
Mantan Presiden Rusia Boris Yeltsin (Picture attributed to uLtRa_GoLiAtH)

Era kepemimpinan Boris Yeltsin adalah masa dramatis dalam sejarah Rusia. Periode yang ditandakan dengan perubahan politik revolusioner, demokrasi  bersama dengan adanya masalah besar politik, ekonomi dan sosial, satu di antaranya ialah korupsi yang merajalela dan terbuka.

Yeltsin tampil pertama kali untuk posisi Presiden Federasi Rusia, menjabat pada 1991-1999. Ia lahir di Sverdlovsk (sekarang Yekaterinburg) pada 1 Ferbuari 1931 di Republik Soviet Rusia, Uni Soviet dan presiden Rusia semasa pasca Uni Soviet.

Yeltsin mengundurkan diri sebagai Presiden Rusia pada 31 Desember 1999 sebagai seorang yang dibenci karena kebijakannya yang otoriter terkait kekerasan muiliter dan pemotongan anggaran. Ia akhirnya meninggal dunia [ada 23 April 2007 karena gagal jantung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US