The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lampaui Kecepatan Mobil Balap, Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Terjatuh saat Bumi Berotasi
Ilustrasi Bumi. (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Lampaui Kecepatan Mobil Balap, Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Terjatuh saat Bumi Berotasi

Kamis, 09 Desember 2021 14:39 WIB 09 Desember 2021, 14:39 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu tahu jika kecepatan bumi berotasi mengalahkan kecepatan mobil balap di lintasan balapan? Jika belum kamu harus mengetahui hal berikut seputar rotasi bumi.

Bumi berotasi pada sumbunya dari arah Barat ke arah Timur. Dalam sekali berotasi, bumi membutuhkan waktu 23 jam 56 menit dan 4 detik. Dengan kemampuan tersebut kita jangan melupakan bahwa bumi merupakan sebuah bola yang besar di antariksa.

Baca Juga: 4 Asteroid Akan Melintas Dekat Bumi Hari Ini, Salah Satunya Ada yang Sebesar Lapangan Bola

Menurut Ask an Astronomer, panjang keliling bumi sendiri diperkirakan 24.898 mil atau sekitar 40.070 kilometer. Keliling ini tentunya menggambarkan betapa besarnya bentuk bumi dan kemampuannya untuk melakukan rotasi.

Untuk mengetahui kecepatan bumi berotasi, kita dapat membagikan keliling tersebut dengan waktu selama satu hari. Hingga diketahui kecepatan bumi berotasi yakni 1.037 mil per jam atau 1.670 kilometer per jam.

Kecepatan ini tentunya melebihi kecepatan maksimal mobil balap saat bertanding di arena balapan.

Namun mengapa kita tidak merasakan kecepatan tersebut bahkan terjatuh saat bumi berotasi?

Hal ini dijelaskan oleh Katie Mack, astrofisikawan teoretis di North Carolina State University. Ia menganalogikan dengan kemampuan pesawat saat mengudara.

Ketika naik pesawat, pesawat akan terbang dengan kecepatan tertentu, terbang dari satu tempat ke tempat lain, namun tubuh kita tetap diam. Penumpang di pesawat tidak merasakan diri mereka melayang di udara dengan kecepatan ratusan mil per jam.

Begitu pula ketika Bumi bergerak dengan sangat cepat, namun kita sama sekali tidak merasakannya. Ini terjadi karena Bumi bergerak dengan kecepatan konstan alias tidak berubah.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US