The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Arkeolog Berhasil Menemukan Tempat Pembuatan Anggur di Israel, Berusia Sekitar 1.500 Tahun
Tempat pembuatan anggur. (photo/Dok. REUTERS/ Nir Elias)
Fakta Dan Mitos

Arkeolog Berhasil Menemukan Tempat Pembuatan Anggur di Israel, Berusia Sekitar 1.500 Tahun

Selasa, 19 Oktober 2021 15:14 WIB 19 Oktober 2021, 15:14 WIB

INDOZONE.ID - Manusia diketahui telah memproduksi minuman anggur sejak ribuan tahun yang lalu. Baru-baru ini, para arkeolog di Israel menemukan kompleks kuno pembuatan minuman anggur dengan usia sekitar 1.500 tahun. Kompleks kuno ini sangatlah besar. 

Mengutip Aljazeera, kompleks yang berada di kota Yavne ini mencakup 5 mesin pemeras anggur, gudang, dan tempat pembakaran dengan tujuan memproduksi wadah penyimpanan dari tanah liat. Selain itu, juga ditemukan pula puluhan ribu pecahan dan guci. 

Salah satu direktur penggalian situs, Jon Seligman mengatakan bahwa anggur yang dibuat di daerah itu dikenal dengan anggur 'Gaza' serta didistribusikan ke seluruh wilayah, termasuk dengan Mesir, Turki, Yunani, dan kemungkinan juga ke Italia Selatan. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

“Ini adalah anggur prestise, anggur putih yang ringan dan dibawa ke banyak negara di sekitar Mediterania,” ungkapnya kepada Aljazeera. 

Seligman juga mengatakan minuman anggur bukan hanya menjadi komoditi ekspor penting dan sumber kenikmatan di zaman Kuno. Minuman ini menjadi sumber nutrisi utama dan aman untuk dikonsumsi, sebab air di sana kerap akali terkontaminasi. 

Mengutip NPR, setiap pemeras anggur yang ditemukan meliputi area 2.400 kaki persegi atau sekitar 731 meter. Di sekitar lantai tapak tempat buah anggur dihancurkan dengan berjalan kaki, terdapat pula kompartemen untuk memfermentasi anggur.

Meski demikian, belum adanya informasi lebih lanjut mengenai siapa yang mengoperasikan kompleks pembuatan minuman anggur ini. Tapi, para arkeolog mengatakan dengan adanya dekorasi cangkang kerang yang besar dan rumit, hal itu kemungkinan menjadi petunjuk bahwa pemiliknya adalah orang kaya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US