The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Mengapa Anjing Selalu Jilat Luka Sendiri, Bisa Beri Ketenangan?
Ilustrasi anjing (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Ini Alasan Mengapa Anjing Selalu Jilat Luka Sendiri, Bisa Beri Ketenangan?

Senin, 11 April 2022 16:18 WIB 11 April 2022, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Hewan peliharaan seperti anjing akan menjilat dan mengoleskan air liur ke goresan luka yang ada di tubuh mereka. Pertanyaannya, mengapa mereka melakukan hal tersebut?

Seperti dilansir Live Science, Dr Benjamin Hart, pensiunan dokter hewan dan profesor emeritus di University of California, Davis mengatakan menjilat luka merupakan bentuk dari respon naluriah yang dapat meredakan iritasi dan rasa sakit.

Bahkan menurut dia, tindakan naluriah tersebut memungkinkan memulihkan luka lebih cepat dari biasanya.

Kendati demikian, tindakan bersifat naluriah tersebut bisa menjadi kontraproduktif, jika ada solusi yang lebih baik untuk perawatan luka.

Sementara itu, Dr. Kristi Flynn, seorang dokter hewan dan ahli perilaku hewan di University of Minnesota berpendapat bahwa perilaku menjilat dapat menghilangkan kotoran, seperti kotoran atau potongan kulit yang tertinggal dari luka, sekaligus membantu mengurangi rasa sakit.

Menurut Flynn, perilaku tersebut mirip dengan bagaimana seseorang manusia yang menggosok kaki mereka setelah jari kaki terantuk atau mencengkeram lengan mereka setelah bersandar pada kompor panas.

"Ketika (hewan) merasakan sakit, itu adalah kecenderungan alami untuk mencoba menenangkan suatu area," kata Flynn.

Senada dengan Flynn, Hart juga setuju bahwa menjilat luka merupakan naluri anjing yang berasal dari nenek moyang serigala untuk menjaga kebersihkan serta menjauhkan luka dari kotoran.

Di luar dari sifat naluriah, air liur anjing memiliki sifat antibakteri dan pertumbuhan jaringan dan saraf yang mempercepat penyembuhan.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Perilaku pada 1990 yang ditulis oleh Hart menyebutkan air liur anjing efektif membunuh Streptococcus canis, bentuk radang yang terutama menginfeksi hewan dan bakteri E. coli.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US