The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mitos Pengantin Baru Harus Buang Ayam ke Gunung, Kalau Melanggar Ini yang Terjadi!
Gunung Girik Pegat (Dio Masafan/Z Creators)
Fakta Dan Mitos

Mitos Pengantin Baru Harus Buang Ayam ke Gunung, Kalau Melanggar Ini yang Terjadi!

Rabu, 03 Agustus 2022 16:46 WIB 03 Agustus 2022, 16:46 WIB

INDOZONE.ID - Bagi masyarakat Jawa, bicara soal mitos enggak akan ada habisnya. Mitos juga penuh makna sampai terkadang sulit bagi kaum awam untuk memahaminya. Terkadang mitos muncul dari kepercayaan leluhur yang masih dipelajari sampai sekarang.

Di Desa Girik, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, ada satu mitos terkenal terutama untuk pasangan yang baru menikah.

gunung girik pegat
Kawasan Desa Girik di Lamongan (Dio Masafan/Z Creators)

Menurut mitos yang berkembang, pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan dan akan melewati Gunung Girik Pegat harus melemparkan ayam agar pernikahannya tetap awet dan enggak ada konflik sampai pegatan atau cerai.

"Kalau bulan-bulan musim nikah pasti banyak ayam berkeliaran di sini mas. Rata-rata buangan dari orang-orang di jalan.” Tutur Erni, penjaga warung di sekitar Gunung Girik Pegat.

Mitos ini dipegang teguh bukan hanya oleh masyarakat Lamongan, tapi juga masyarakat sekitar Lamongan seperti Jombang, Bojonegoro, dan Tuban.

Berawal dari sumpah serapah pembuat jalan

Mitos Gunung Girik Pegat berawal sejak masa penjajahan Belanda di pulau Jawa. Demi memperlancar distribusi hasil bumi, Belanda membangun jalan penghubung. Pembangunan jalan tersebut terkendala dengan pegunungan kapur. Oleh karena itu Belanda memperkerjakan masyarakat Jawa untuk membelah pegunungan kapur tersebut.

gunung girik pegat
Pengantin harus melempar ayam ke gunung ini (Dio Masafan/Z Creators)

Enggak sedikit pekerja berjatuhan dan meninggal saat dipekerjakan oleh Belanda untuk membelah pegunungan kapur tersebut. Hingga banyak pekerja yang murka dan bersumpah bahwa orang yang melewati jalan tersebut, jika belum menikah akan mendapat kesialan, dan jika sudah menikah akan mengalami banyak penderitaan sampai pegat atau cerai. Sejak itulah muncul mitos soal Gunung Girik Pegat.

Dalam bahasa Jawa "pegat" memiliki arti “cerai”.

gunung girik pegat
Gunung Girik Pegat menyimpan mitos terkenal (Dio Masafan/Z Creators)

Percaya atau tidak percaya, namun yang pasti Gunung Girik Pegat membelah jalanan Jombang-Lamongan. Kamu bisa melihatnya, kalau datang dari Lamongan menuju Jombang, maupun sebaliknya.

Jalanan ini, di kanan kirinya terdapat batu cadas yang menjulang tinggi dan ditumbuhi pepohonan yang dibelah dengan jalan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Dio Masafan Mufio Rois
Dio Masafan Mufio Rois

Dio Masafan Mufio Rois

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US