The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Angkor Wat di Kamboja, Kompleks Candi Terbesar di Dunia, Tak Sebanding dengan Borobudur
Angkor Wat (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Angkor Wat di Kamboja, Kompleks Candi Terbesar di Dunia, Tak Sebanding dengan Borobudur

Minggu, 05 Juni 2022 14:47 WIB 05 Juni 2022, 14:47 WIB

INDOZONE.ID - Nama Angkor Wat di Kamboja tentunya sudah tidak asing lagi bagi pembaca sejarah Hindu-Buddha.

Angkor Wat, dalam bahasa Khmer yang berarti kota percandian ini merupakan kompleks percandian terbesar di dunia yang luasnya mencapai 162,2 hektar.

Dari luasnya, tentu Angkor Wat tidak sebanding dengan salah satu candi Hindu-Buddha tertua di Indonesia, Borobudur yang berdiri di atas lahan seluas 2500 meter persegi.

angkor wat
Kompleks Angkor Wat (Pixabay)

Dilansir berbagai sumber, Angkor Wat sendiri dibangun pada abad ke-12 sebagai candi kenegaraan oleh Raja Suryawarman II di Yasodarapura, ibu kota bagi Kerajaan Kambujadesa.

Pada awalnya, Angkor Wat dibangun sebagai candi agama Hindu yang dibaktikan kepada Dewa Wisnu. Namun pada akhir abad ke-12, kompleks percandian ini dialihfungsikan menjadi candi agama Buddha.

Bangunan Angkor Wat terdiri dari perpaduan dua langgam utama candi Khmer, yaitu langgam candi gunungan dan langgam candi berserambi. Angkor Wat dirancang sebagai lambang Mahameru, persemayaman para dewa menurut kosmologi Hindu-Buddha.

angkor wat
Angkor Wat (Pixabay)

Kini, Angkor Wat menjadi satu-satunya bangunan yang masih berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan dari awal didirikan pada abad ke-12 hingga saat ini.

Angkor Wat menjadi situs peziarahan utama umat Buddha Kamboja maupun umat Buddha dari berbagai penjuru dunia, di samping dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan Kamboja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US