The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Temuan Hutan Lebat di Dalam Lubang Besar Tiongkok, Peneliti Lakukan Pengamatan Mendalam
Ilustrasi hutan di dalam lubang. (Nationalgeographic)
Fakta Dan Mitos

Temuan Hutan Lebat di Dalam Lubang Besar Tiongkok, Peneliti Lakukan Pengamatan Mendalam

Rabu, 25 Mei 2022 12:30 WIB 25 Mei 2022, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, sebuah tim ilmuwan asal Tiongkok menemukan sebuah hal baru yang cukup unik dan mengandung misteri. Penemuan itu ialah sebuah lubang yang menyimpan hutan lebat di dalamnya.

Dikutip dari Nationalgeographic, lubang yang ditemukan tersebut merupakan lubang reruntuhan (sinkhole) yang memiliki kedalaman 192 meter dibawahnya.

Penemuan lubang ini langsung membuat rakyat Tiongkok menjadi geger. Pasalnya jika dibandingkan dengan bangunan di Indonesia yakni Monas yang memiliki tinggi 132 meter, hal ini berarti lubang tersebut lebih dalam lagi.

Baca Juga: Video Pendaki Lagi Treking Naik Gunung, Ketemu Bagas (Babi Ganas) Auto Panjat Pohon Semua

Saat dicoba untuk diamati oleh tim speleologis dan spelunker, mereka menemukan adanya tiga pintu masuk gua di tubang tersebut. Yang lebih mengejutkan lagi, di dalam lubang tersebut terdapat pepohonan kuno yang memiliki tinggi 40 meter.

Namun, bagi George Veni, direktur eksekutif National Cave and Karst Research Institute (NCKRI) di Amerika Serikat sekaligus pakar gua internasional penemuan ini tidak mengejutkan.

Pasalnya Veni mengatakan jika kawasan Tiongkok Selatan memang menjadi rumah bagi topografi karst, lanskap yang rentan terhadap lubang reruntuhan yang dramatis dan gua-gua dunia lain.

Hal ini juga dipengaruhi oleh air hujan yang sedikit asam dan mengambil karbon dioksida saat mengalir melalui tanah membuat daratan tersebut terbentuk.

Seiring berjalannya waktu, jika gua berubah menjadi besar langit-langitnya pun menjadi runtuh dan membentuk lubang besar jalan masuknya cahaya Matahari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US