The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kilas Balik: Detik-Detik Mengerikan Tsunami di Sulawesi, Kapal Turun karena Air Surut
Ilustrasi - tsunami Jepang 2011. (nationalgeoraphic)
Fakta Dan Mitos

Kilas Balik: Detik-Detik Mengerikan Tsunami di Sulawesi, Kapal Turun karena Air Surut

Minggu, 03 Juli 2022 19:47 WIB 03 Juli 2022, 19:47 WIB

INDOZONE.ID - Jumat, 28 September 2018 sekitar pukul 17.02 menjadi hari yang tak telupakan bagi warga Sulawesi Tengah. Sebagian besar daerah si wilayah tersebut diguncang gempa dan terkena gelombang tsunami.

Getaran mula terasa dari Donggala, Palu, Gorontalo, Poso, Majene, Soroako, Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone, Sengkang, Makassar, Gowa, Toraja bahkan hingga Kalimantan.

Guncangan gempa dan tsunami yang terjadi begitu dahsyat hingga meluluhlantakkan beberapa wilayah. Sebelum terjadi gelombang besar, sejumlah kapal juga sempat turun karena air laut yang surut.

Momen tersebut terekam CCTV PSO Bea Cukai Pantoloan. Seperti yang terlihat dalam video yang dibagikan akun TikTok @infounikdunia7, awalnya air laut terlihat begitu tenang. Namun, lama-kelamaan airnya menyusut.

Baca juga: Detik-detik Alaska Diguncang Gempa Dahsyat M 8,2 Hingga Picu Peringatan Tsunami

@infounikdunia7

Reply to @lizabethnia Inilah detik2 Tsunami di Palu 28 September 2018, tepatnya di area Pelabuhan Pantoloan #part2 #infodunia #fyp #tragedi #videoviral #faktaunik

? Spooky, quiet, scary atmosphere piano songs - Skittlegirl Sound

Sejumlah kapal pun mulai goyang dan turun. Melihat fenomena tersebut, orang-orang pun mulai berlarian karena tahu akan ada gelombang tsunami yang datang.

Tak lama setelah itu, terjadi dorongan air laut dari dalam laut menuju daratan. Ombak yang sangat besar pun menghantam pelabuhan. Sementara itu, beberapa kapal terlihat terbalik usai tergulung ombak.

Akibat bencana gempa dan tsunami tersebut, sekitar 4.340 ribu orang meninggal dunia. Sebanyak 2.141 orang di Palu, Sigi 289 orang, Donggala 212 orang dan Parigi Moutong 15 orang.

Kemudian korban hilang sebanyak 667 orang, korban jiwa tak teridentifikasi 1.016 orang sehingga total korban jiwa 4.40 orang.

Video detik-detik tsunami tersebut membuat banyak netizen ikut bersedih dan flashback.

"Ini kejadiannya sampai di kota gua di Kaltim yaitu di Berau kena getarannya bener bener shock kaget berat," komentar seorang netizen.

"Ingat bgt dl jd relawan yg di makassar krn sebagian orng palu korban tsunami di larikan ke makassar ya allah sdih bgt klw di ingat-ingat," komentar netizen lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US