The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta! 6 Negara di Dunia Ini Dibantu Indonesia untuk Raih Kemerdekaannya
Ilustrasi kemerdekaan. (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Fakta! 6 Negara di Dunia Ini Dibantu Indonesia untuk Raih Kemerdekaannya

Selasa, 23 November 2021 10:56 WIB 23 November 2021, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Negara Indonesia rupanya tak hanya menjadi negara yang memiliki sikap ramah dan toleransi yang tinggi, namun juga rasa kemanusiaannya patut diacungi jempol. Hal ini rupanya berasal dari sejarah kelam yang tertanam dalam bangsa ini sehingga lestari hingga sekarang.

Rasa kemanusiaan diwujudkan Indonesia dengan cara terlibat dalam proses kemerdekaan beberapa negara yang sebelumnya dijajah habis-habisan oleh bangsa lain. 6 Negara ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dengan perannya mencapai kemerdekaan negara tersebut.

Baca Juga: Bukan Jeff Bezos atau Elon Musk, Ternyata Ini Sosok Orang Terkaya di Dunia dalam Sejarah

Negara mana saja ya?

1. Aljazair

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Lanskap Aljazair. (Travel.com)

Negara yang terletak di Timur Tengah ini rupanya pernah dibantu Indonesia untuk meraih kemerdekaannya. Hal ini dilakukan oleh Perdana Menteri Indonesia, Mohammad Natsir yang memimpin Komite Pendukung Perjuangan Kemerdekaan Negara-negara Afrika Utara.

Natsir membentuk komite tersebut agar mampu memperjuangkan kepahitan yang dialami oleh rakyat Aljazair lewat jalur diplomasi. Hingga akhirnya, negara-negara yang tergabung dalam komite tersebut menyetujui adanya kemerdekaan pada Aljazair.


2. Timor Leste

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Referandum Timor Leste. (Istimewa)

Pada tahun 1999, Presiden B. J Habibie memberikan referendum kepada rakyat Timor Leste untuk menentukan pilihannya sendiri. Atas bantuan B.J Habibie yang memberikan kebijakan kepada rakyat Timor Leste yang saat itu Timor Timur, mereka mampu mendapatkan kemerdekaannya sendiri.

Hingga akhirnya pada tahun 2002, negara yang terletak bersebelahan dengan Pulau Nusa Tenggara tersebut meraih kemerdekaan mereka.


3. Maroko

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Monumen kemerdekaan Maroko yang pernah di datangi Soekarno. (travel.com)

Sama seperti Aljazair, organisasi yang didirikan Indonesia untuk kesetiakawanan negara-negara di Asia-Afrika (OISRAA) dibentuk untuk mendukung kemerdekaan Maroko dari kolonialisme dan Imprialisme dari Prancis.


4. Singapura

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Peristiwa Kemerdekaan Singapura. (Wikipedia)

Sudah tak diragukan lagi mengenai negara yang satu ini. Bahkan hingga kini pun, Singapura masih memiliki ketergantungan pada Indonesia atas penyediaan tenaga listrik.

Usman dan Harun ditugaskan oleh pemerintah untuk mengebom MacDonald House pada 15 Maret 1965. Hal itu mengakibatkan bertambahnya ketidakstabilan situasi politik dan berujung dikeluarkannya Singapura dari Federasi Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Atas bantuan Indonesia, Singapura menjadi bangkit kembali untuk mencapai kemerdekaannya menjadi sebuah negara tersendiri pada 9 Agustus 1965.


5. Tunisia

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Potret negara Tunisia. (goway.com)

Pada tahun 1951, pemimpin perjuangan kemerdekaan Tunisia, Habib Bourguiba datang ke Jakarta dan meminta bantuan Pemerintah Indonesia mendukung kemerdekaannya dari kolonial Prancis.

Hal ini pun berujung dengan adanya hubungan diplomatik Indonesia-Tunisia dengan didirikannya kantor perwakilan kemerdekaan negara tersebut di Jakarta.


6. Palestina

Indonesia Bantu Kemerdekaan Negara Lain
Ilustrasi Kemerdekaan Palestina. (afrid-fransisco.com)

Hingga kini, banyak upaya demi upaya yang dikerahkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dibawah penindasan Israel.

Bantuan kemanusiaan, mengancam agresi Israel, tidak mengakuai kedaulatan Israel, mempromosikan Palestina di PBB dan tidak mengikutsertakan Israel dalam event yang dibuat dan lainnya.

Hal ini semata-mata karena Indonesia menjunjung tinggi rasa kemanusiaan yang mana sangat berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina.

 
Putri
Abdul Fattah
Putri

Putri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US