The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

CEK FAKTA: Viral Bola Petir Melintas di Atas Rel Kereta Api, Fenomena Alam?
Diduga bola petir melintas di rel kereta api (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

CEK FAKTA: Viral Bola Petir Melintas di Atas Rel Kereta Api, Fenomena Alam?

Kamis, 11 November 2021 19:17 WIB 11 November 2021, 19:17 WIB

INDOZONE.ID - Viral di media sosial postingan yang memperlihatkan sebuah benda diklaim bola petir berwarna biru melintasi rel kereta api. Video ini diunggah dengan narasi bahwa bola petir tersebut merupakan sebuah fenomena alam.

“Segera jauhi jika lihat cahaya begini. Cahaya ini dikenal sebagai bola petir, fenomena listrik yang berpotensi meledak. Istilah ini mengacu pada laporan benda bercahaya dan bulat yang bervariasi dari ukuran kacang sampai diameter beberapa meter.

"Meskipun biasanya terkait dengan badai petir, fenomena ini berlangsung jauh lebih lama daripada kilatan petir yang terjadi sepersekian detik. Banyak laporan awal mengklaim bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi fatal, meninggalkan bau belerang.” demikian narasi yang beredar, dikutip Kamis (11/11/2021).

Lalu, seperti apa faktanya?

Berdasarkan penelusuran, video ini pertama kali diunggah di YouTube oleh pria bernama  Andrei Trukhonovets, pada 27 Mei 2019. Andrei memberi judul "Ball lightning near railway tracks [CGI]".

Penjelasan soal video viral diduga bola petir
Penjelasan soal video viral diduga bola petir (YouTube)

Di judul, Andrei sudah menegaskan bahwa video ini hanyalah CGI atau telah melalui proses editing efek di komputer. Di kolom komentar, Andrei tak menyangka betapa banyak orang yang mengira video tersebut adalah benar-benar fenomena bola petir.

Saking viralnya, Andrei sampai diwawancarai oleh program History.

Penjelasan soal video viral diduga bola petir
Penjelasan soal video viral diduga bola petir (YouTube)

“Saya membuat video ini di komputer dengan software khusus. Saya tidak menyangka video itu akan seviral ini.” kata Andrei kepada History.

Kesimpulan: Video viral bola petir yang melintas di rel kereta api adalah hoax. Video ini merupakan hasil rekayasa komputer seorang pria bernama Andrei Trukhonovets.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega
Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US