The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi Ungkap Bagaimana Protein Bantu Otak dalam Olah Informasi!
Ilustrasi pengelolahan informasi pada otak. (photo/Ilustrasi/Pexels/meo)
Fakta Dan Mitos

Studi Ungkap Bagaimana Protein Bantu Otak dalam Olah Informasi!

Senin, 10 Mei 2021 15:04 WIB 10 Mei 2021, 15:04 WIB

INDOZONE.ID - Diperlukan interaksi yang rumit antara protein yang berbeda supaya informasi dapat berpindah dari satu sel saraf ke sel saraf berikutnya. Sebuah tim peneliti sekarang berhasil mempelajari proses ini di vesikula sinaptik, yang memainkan peran penting dalam proses ini. 

Studi ini dipimpin tim di Universitas Martin Luther Halle-Wittenberg (MLU) yang muncul di jurnal Nature Communcations. Beberapa miliar sel saraf berkomunikasi satu sama lain di dalam tubuh sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya dapat melihat dan berekasi pada lingkungannya. Melihat hal itu, Dr. Carla Schmidt selaku asisten profesor di Pusat Kompetensi Inovasi HALO memberikan komentarnya.

"Zat pembawa pesan khusus - dikenal sebagai neurotransmitter- dilepaskan di sinapsis sel saraf. Mereka mengirimkan informasi antara sel saraf individu," ungkapnya. 

Zat pembawa pesan dikemas ke dalam vesikula kecil yang disebut dengan vesikula sinaptik, yang menyatu dengan membran sel sebagai respons terhadap impuls listrik dan melepaskan zat pembawa pesan. Zat pembawa pesan kemudian dikenali oleh protein reseptor khusus di sel saraf berikutnya. 

Tetapi, saat ini terlalu sedikit yang diketahui mengenai bagaimana proses ini bekerja secara tepat. Para peneliti telah menggunakan bentuk khusus dari spektrometri massa untuk menyelidik proses itu. Spektrometri massa ikatan silang membantu identifikasi situs interaksi protein. Ini dicampur dengan zat yang mengikat protein di dekatnya. 

Studi dari Halle ini memungkinkan pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai proses transmisi sinyal dalam sel saraf. Pengetahuan yang mengenai proses normal membantu ilmuwan mengenali dan pahami malfungsi yang dapat memicu penyakit seperti Alzheimer.

Artikel Menarik Lainnya:

Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US