The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cantik! Ini Ikan Spesies Baru yang Ditemukan Peneliti di Maldives, Namanya Bagus Banget
Ikan wrasse peri berkerudung mawar jantan (Yi-Kai Tea/California Academy of Sciences)
Fakta Dan Mitos

Cantik! Ini Ikan Spesies Baru yang Ditemukan Peneliti di Maldives, Namanya Bagus Banget

Kamis, 17 Maret 2022 15:00 WIB 17 Maret 2022, 15:00 WIB

INDOZONE.ID - Para peneliti belum lama ini memastikan bahwa ikan wrasse dengan penampilan berwarna-warni yang ditemukan di perairan Maldives sebagai spesies baru.

Ikan berwarna pelangi itu hidup di antara terumbu karang yang biasa dikenal sebagai twilight reefs.

Seperti dilansir Live Science, ikan spesies baru itu diberi nama rose-veiled fairy wrasse atau ikan wrasse peri berkerudung mawar (Cirrhilabrus finifenmaa) yang menyerupai dengan ikan wrasse peri beludru merah (Cirrhilabrus rubrisquamis).

Kedua spesies tersebut hidup di terumbu karang mesofotik, yang tumbuh jauh lebih dalam daripada kebanyakan terumbu karang tropis, antara 100 dan 490 kaki (30 dan 149 meter) di bawah permukaan laut.

Para ilmuwan mengumpulkan spesimen C. finifenmaa pertama pada tahun 1990, tetapi kemiripannya dengan C. rubrisquamis membuat para ahli tidak mengenali ikan tersebut sebagai spesies yang berbeda.

Setelah menyadari adanya kesalahan identifikasi terhadap ikan tersebut selama beberapa dekade, sekelompok peneliti mencoba mengumpulkan spesimen C. finifenmaa dari terumbu karang senja di sekitar Maldives.

Ketika mereka membandingkan spesimen baru dengan ikan C. rubrisquamis, mereka menemukan bahwa C. finifenmaa betina (yang sebagian besar berwarna merah, merah muda dan biru) sangat mirip dengan C. rubrisquamis.

ikan spesies baru
Ikan wrasse peri berkerudung mawar betina (Yi-Kai Tea/California Academy of Sciences)

Namun untuk C. finifenmaa jantan tidak memiliki kemiripan karena sisik mereka menampilkan lebih banyak warna oranye dan kuning.

Para peneliti juga menemukan bahwa C. finifenmaa memiliki jumlah sisik yang berbeda di daerah tubuh tertentu dan duri punggung yang lebih tinggi daripada sepupunya yang mirip. 

Analisis DNA menegaskan bahwa kedua spesies ini secara genetik berbeda.

Selain itu, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa C. finifenmaa memiliki jangkauan geografis yang jauh lebih kecil daripada C. rubrisquamis yang nantinya akan menjadi pertimbangan dalam upaya konservasi untuk melindungi spesies tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US