The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pantesan Orang Takut Petir, Ternyata Bisa Bikin Keadaan yang berbahaya bagi Manusia
Ilustrasi petir. (Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Pantesan Orang Takut Petir, Ternyata Bisa Bikin Keadaan yang berbahaya bagi Manusia

Jumat, 25 Februari 2022 18:30 WIB 25 Februari 2022, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Saat hujan disertai angin kencang, biasanya banyak orang yang memilih untuk menutup pintu serta berdiam di kamar menghindari petir-petir dan sambaran kilat dari langit. Pasalnya selain suaranya yang kian membuat kita kaget, juga mampu dipercaya berbahaya untuk tubuh manusia.

Petir sendiri adalah suatu proses pelepasan muatan listrik positif atau negatif yang berasal dari awan. Sambaran petir ini bisa mencapai pemukaan bumi dan dipercaya merusak atap rumah, pohon, serta benda-benda lainnya.

Baca Juga: Alasan Kalau Hujan Jangan Berlindung di Bawah Pohon, Nanti Kesambar Petir!

Namun, tak hanya itu saja, petir juga dapat mengakibatkan kejadian atau hal-hal yang lebih menakutkan pada manusia. Apa saja ya?

1. Kilatnya yang menakutkan

Asal kamu tahu, kilat petir ternyata bergerak dengan kecepatan cahaya 670.000.000 meter per detik. Kecepatan ini merupakan kecepatan yang tak terkalahkan dalam pergerakan cahaya.

Dengan kecepatan ini, kita bahkan bisa mencapai bulan hanya dengan 55 menit saja. Makanya, tak heran jika banyak orang yang sangat takut jika tersambar kilat.

2. Bisa membentuk fosil

Saat menyambar tanah atau pasir, petir akan membetuk zat yang bernama fulgurite. Fulgurite sendiri adalah fosil petir yang terdiri dari butiran pasir yang memadat dan membentuk tabung.

3. Menyambar danau

Jika kamu bertanya-tanya tempat yang aman untuk berlindung dari sambaran kilat dan petir, maka jawabannya ialah dalam rumah. Pasalnya jika kamu berada di luar dan dekat dengan lokasi genangan air yang besar seperti danau, justru kamu akan lebih mudah tersambar.

Hal ini pernah terjadi di Danau Maracaibo, Venezuala, Amerika Selatan. Tempat ini setidaknya menerima sambaran petir sebanyak 28 kali sambaran per menit. Akibatnya, selama 10 jam sekali tempat ini sering mengalami sambaran petir.

4. Bisa disebabkan helikopter

Dilansir Science Alert, helikopter juga bisa memicu terjadinya sambaran petir. Hal ini dikarenakan saat terbang, helikopter mendapatkan muatan negatif.  Saat terbang di dekat dengan area yang bermuatan positif, seperti hujan es atau awan cumulonimbus (awan petir).

5. Menghancurkan pohon

Ketika menyambar pohon, petir tersebut akan merambat ke bawah kulit pohon yang mengandung getah dan air. Akibatnya lapisan kulit pohon pun akan jadi panas dan membelah kayu yang mengakibatkan pohon terbelah dan tumbang.

Ini sebabnya, kita dilarang berada di bawah pohon saat hujan lebat tiba. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan bahaya pada diri kita seperti tertimpa pohon dan juga tersambar petir.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US