The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejarah dan Cerita Mengenai Poseidon yang #KAMUHARUSTAU!
Poseidon. (photo/Dok. Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Sejarah dan Cerita Mengenai Poseidon yang #KAMUHARUSTAU!

Rabu, 27 Oktober 2021 16:34 WIB 27 Oktober 2021, 16:34 WIB

INDOZONE.ID - Yunani sendiri merupakan salah satu kota cantik yang wajib untuk dikunjungi bagi sebagian orang. Selain mempunyai pemandangan yang cantik, Yunani juga mempunyai cerita mitologi yang terkenal. Salah satunya adalah cerita mengenai Poseidon. Dalam cerita mitologi, Poseidon sendiri adalah sosok dewa laut, gempa bumi dan kuda. 

Mengutip Britannica, sosoknya dibedakan dari Pontus, personifikasi laut dan dewa perairan Yunani tertua. Nama Posiedon dapat diartikan sebagai "suami bumi" atau dengan istilah "penguasa bumi". Secara tradisional, Poseidon adalah putra dari Cronus, sekaligus saudara dari Zeus dan Hades. 

Ketiga tiga bersaudara itu menggulingkan ayah mereka, kerajaan laut jatuh ke tangan Poseidon. Menurut penyair Yunani Hesiod, trisula Poseidon, dibuat oleh "tiga Cyclopes". 

Sebagai dewa gempa Bumi, Poseidon juga terhubung dengan tanah kering. Banyak tempat ibadah tertuanya di Yunani berada di pedalaman, meskipun kadang-kadang berpusat di kolam, sungai, atau ataupun yang terkait dengan air. 

Selain itu, dia juga dikenal sebagai dewa kuda. Sebagai dewa kuda, Poseidon diperkirakan telah diperkenalkan ke Yunani oleh Hellenes, yang juga memperkenalkan kuda pertama ke negara itu sekitar abad ke-2 SM. 

Poseidon juga disebut ayah dari banyak kuda, yang paling terkenal adalah kuda bersayap Pegasus dari Gorgon Medusa. Poseidon terlibat dalam konflik dengan berbagai tokoh dalam sengketa tanah. Yang menonjol di antaranya adalah kontes kedaulatan atas Attica. 

Yunani juga mempunyai festival utama untuk menghormati Poseidon adalah Isthmia, tempat kontes atletik terkenal termasuk dengan pacuan kuda, yang dirayakan di deka Isthmus of Corinth. Karakternya sebagai dewa laut akhirnya menjadi yang paling menonjol dalam seni, dan dia diwakili dengan atribut trisula, lumba-lumba, dan tuna.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US