The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 11 April: Baku Tembak FBI Versus Perampok Bank dan Gempa Terbesar di Indonesia
TKP penembakan FBI vs Perampok Bank di Florida. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 11 April: Baku Tembak FBI Versus Perampok Bank dan Gempa Terbesar di Indonesia

Dan beberapa peristiwa penting lainnya.

Minggu, 11 April 2021 09:38 WIB 11 April 2021, 09:38 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 11 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa baku tembak antara delapan anggotan FBI lawan dua perampok serta gempa bumi berkekuatan besar di perairan Aceh dan Sumatera Utara. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Minggu (11/4/2021).

1. Galaksi NGC 4448 ditemukan oleh William Herschel (1785).

Galaksi NGC 4448
Galaksi NGC 4448. (Wikipedia).

NGC 4448 adalah sebuah galaksi spiral yang terletak di rasi bintang Coma Berenices. Galaksi ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 11 April 1785. Herschel adalah seorang astronom dan komponis kelahiran Jerman-Inggris yang terkenal karena menemukan planet Uranus.

Galaksi ini merupakan bagian dari anggota Gugus Virgo. Inti galaksinya terang dalam tonjolan galaksi yang hampir bulat dan memiliki bentuk oval (menurut dari Bumi) yang sangat jelas.

2. Organisasi Buruh Internasional (ILO) didirikan. (1919).

Organisasi Buruh Internasional (ILO)
Organisasi Buruh Internasional (ILO). (Wikipedia).

Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organization (ILO) adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 11 april 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I. Organisasi ini menjadi bagian PBB setelah pembubaran LBB dan pembentukan PBB pada akhir Perang Dunia II.

Dengan Deklarasi Philadelphia 1944 organisasi ini menetapkan tujuannya. Sekretariat organisasi ini dikenal sebagai Kantor Buruh Internasional dan ketuanya sekarang adalah Guy Rider. ILO menerima Penghargaan Perdamaian Nobel pada 1969.

3. Peristiwa Baku Tembak terkelam dalam Sejarah FBI: Perampok Bank vs Agen FBI di Florida, AS (1986).

TKP penembakan FBI vs Perampok Bank di Florida.
TKP penembakan FBI vs Perampok Bank di Florida. (Wikipedia).

Peristiwa baku tembak ini terjadi pada 11 April 1986, di wilayah Dade County, Florida antara delapan agen FBI dan dua perampok dan pembunuh bank berantai. Dalam baku tembak tersebut, Agen Khusus FBI Jerry L. Dove dan Benjamin P. Grogan tewas, sementara lima agen lainnya cedera. Kedua tersangka perampokan, William Russell Matix dan Michael Lee Platt, juga tewas.

Insiden ini terkenal dalam sejarah FBI dan dipelajari dengan baik di kalangan penegak hukum. Meskipun jumlah perampok cuma dua orang, para agen mendapati diri mereka ditembaki oleh tembakan senapan semi-otomatis dan tidak dapat merespons secara efektif. 

Meskipun Matix dan Platt terkena beberapa kali selama baku tembak, Platt terus berjuang dan terus melukai serta membunuh agen. Insiden ini menyebabkan diperkenalkannya pistol yang lebih efektif di FBI dan banyak departemen kepolisian di seluruh Amerika Serikat.

4. Dua gempa bumi besar terjadi di perairan Aceh dan Sumatera Utara yang tercatat gempa dengan kekuatan terbesar. (2012).

Lokasi gempa bumi 2012.
Lokasi gempa bumi 2012. (Wikipedia).

Gempa bumi Samudra Hindia 2012 berkekuatan 8,6 dan 8,2 Mw gempa bawah laut yang melanda di dekat provinsi Aceh, Indonesia pada 11 April pukul 15:38 waktu setempat. 

Awalnya, pihak berwenang khawatir gempa bumi awal akan menyebabkan tsunami dan peringatan dikeluarkan di seberang Samudera Hindia; namun, peringatan ini kemudian dibatalkan. Ini adalah gempa bumi intraplate yang sangat kuat dan gempa bumi yang terbesar yang pernah tercatat. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
JOIN US
JOIN US