The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah 5 Bangunan Tua Jakarta!
Mandarin Oriental termasuk bangunan tua di Jakarta. (Instagram/mo_jakarta)
Fakta Dan Mitos

Inilah 5 Bangunan Tua Jakarta!

Ada bangunan berusia 88 tahun!

Senin, 06 Januari 2020 15:55 WIB 06 Januari 2020, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Robohnya bangunan ruko di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Slipi, Jakarta Barat, pada Senin (6/1) mengakibatkan 11 orang terluka. Diduga ruko tersebut roboh akibat usia bangunan yang sudah tua.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi), Andi Rukman Karumpa, menyatakan, sebuah bangunan memiliki usia maksimal yang memengaruhi daya tahannya.

Menurut Andi, sebuah bangunan bisa saja tetap kokoh hingga 50 tahun, bahkan 100 tahun. Namun, pada saat bangunan berusia 30 tahun, maka harus lebih waspada dengan mencermatinya secara saksama.

Lalu, dimana lagi sih bangunan tua di Jakarta yang hingga kini masih berdiri dan usianya sudah di atas 30 tahun?

Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, 5 bangunan tua di Jakarta:

Hotel Indonesia

bangunan tua di jakarta
(Instagram/hotelindonesia_kempinski)

Hotel Indonesia merupakan hotel bintang 5 pertama yang dibangun di Jakarta. Bangunan itu dirancang oleh arsitek asal Amerika Serikat Abel Sorensen dan istrinya, Wendy.

Hotel yang dibangun di pusat Jakarta dengan menempati lahan seluas 25.082 meter persegi tersebut diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama, Soekarno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962.

Hotel Indonesia dibangun dengan konsep modern minimalis serta menggabungkan nuansa Sumatera Barat. Sejak 1993, Hotel Indonesia ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemda DKI Jakarta. Kini usia bangunan Hotel Indonesia mencapai 58 tahun!

Bioskop Metropole

bangunan tua jakarta
(Instagram/@antoencahyadi)

Bioskop Metropole terletak di sudut Jalan Pegangsaan dan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Gedung bioskop bersejarah itu dibangun pada tahun 1932, diatas lahan seluas 11.623 meter persegi. Dan sejak 1993, Metropole dimasukkan sebagai cagar budaya oleh gubernur Jakarta.

Dahulu bioskop ini hanya memiliki satu teater yang berukuran sangat besar, dan mampu menampung sekitar 1.000 orang penonton. Kini Metropole berusia 88 tahun lho!

Gedung Sarinah

bangunan tua jakarta
(Antara/Aji)

Gedung Sarinah mulai dibangun pada tahun 1962 dan resmi terbuka untuk masyarakat pada 15 Agustus 1966. Sarinah merupakan pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Nama Sarinah diambil dari nama pengasuh Bung Karno yang dianggap berperan dalam menanamkan kecintaannya pada orang kecil. Hingga kini Gedung Sarinah masih berdiri kokoh dengan bangunan berusia 58 tahun!

Apartemen Jayakarta

bangunan tua jakarta
(booking.com)

Bangunan tua selanjutnya yang ada di Jakarta yakni apartemen Jayakarta. Apartemen yang terletak di Jakarta Barat tersebut berdiri sejak tahun 1978.

Apartemen milik Jayakarta Group hanya menyediakan 90 unit dengan ukuran 105-130 meter persegi. Apartemen Jayakarta kini berusia 42 tahun, dan masih banyak penghuninya lho!

Hotel Mandarin Oriental

bangunan tua jakarta
(Instagram/mo_jakarta)

Hotel Mandarin Oriental terletak di Jalan M.H Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Hotel ini mulai beroperasi pada tahun 1978, dan merupakan salah satu hotel bintang 5 terkenal di Jakarta.

Bangunan yang memiliki 26 lantai dengan 272 kamar hingga kini masih beroperasi. Hotel Mandarin Oriental kini berusia 42 tahun.


Itulah 5 bangunan tua di Jakarta yang berusia diatas 30 tahun. Ada lagi yang kamu tau enggak?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Yulia Marianti
Fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US