Leptocephalus, Larva Belut Moray Yang Tranparans
Wikipedia

Leptocephalus, Larva Belut Moray Yang Tranparans

Jumat, 11 Januari 2019 14:36 WIB 11 Januari 2019, 14:36 WIB

Leptocephalus adalah Larva Belut Moray. Saking transparannya belut ini hampir tidak kelihatan dan tidak memiliki sel darah merah sampai memasuki usia remaja dan dewasa.

\n\n

Larva transparan  salah satu anggota dari super ordo Elopomorpha.

\n\n

Ini adalah kelompok teleosts yang paling beragam, mengandung 801 spesies, 156 genera, 24 family, dan 24 ordo.

\n\n

Ikan-ikan yang memiliki tahap larva leptocephalus antara lain adalah Conger, belut moray, belut taman, dan belut air tawar dari family Anguillidae.

\n\n

Leptocephalus berbeda dari larva ikan-ikan lainnya karena mereka tumbuh dengan ukuran lebih besar dan memiliki usia larva yang lama sekitar 3 bulan hingga lebih dari satu tahun.

\n\n

Keunggulan lain yang membedakan organisme ini dari lainnya adalah kantong mucinous mereka.

\n\n

Leptocephalus bergerak dengan gerakan renang anguilliform yang khas dan dapat berenang baik maju dan mundur.

\n\n

Sulit menentukan sumber makanan Leptocephalus karena tidak ditemukannya zooplankton (yang biasanya menjadi makanan larva ikan pada umumnya) dalam usus mereka.

\n\n

Baru-baru ini ditemukan bahwa Leptocephalus memakan partikel-partikel kecil yang mengambang bebas di laut, yang sering disebut sebagai salju laut.

\n\n

Larva Leptocephalus hidup terutama di kedalaman 100 meter dari permukaan laut di saat malam hari, dan sedikit lebih dalam saat siang siang hari.

\n\n

Leptocephalus ditemukan di seluruh laut dunia, dari southern temperate zone hingga garis lintang tropis, di mana belut dewasa dan kerabat dekat mereka tinggal.

\n
Indozone Media

,

Editor