The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Arkeolog Temukan 'Jejak Kaki Hantu' di Dataran Gurun Utah, Tak Kasat Mata!
Jejak Kaki Hantu yang Difoto melalui Teknologi Radar. (LiveScience)
Fakta Dan Mitos

Arkeolog Temukan 'Jejak Kaki Hantu' di Dataran Gurun Utah, Tak Kasat Mata!

Sabtu, 06 Agustus 2022 08:54 WIB 06 Agustus 2022, 08:54 WIB

INDOZONE.ID - Percaya atau tidak, baru-baru ini para arkeolog menemukan jejak kaki hantu yang misterius di dataran garam gurun Utah. Jejak kaki tersebut tidak mampu diidentifikasi sehingga disebut dengan 'jejak kaki hantu'.

Jika selama ini kita mengetahui hantu tidak memiliki jejak, namun para arkeolog menyimpulkan jika jejak kaki yang ditemukan di gurun Utah tersebut tidak mampu dideteksi dari makhluk seperti apa.

Baca Juga: Wih, Bocah Berusia 4 Tahun Ini Berhasil Temukan Jejak Kaki Dinosaurus di Batu!

Dikutip dari LiveScience, penemuan jejak kaki hantu ini ditemukan di situs arekologi di Hill Air force Base yang terletak di Gurun Great Salt Lake, Utah, Amerika Serikat.

Jejak kaki misterius
Penemuan 'jejak kaki hantu' yang mampu diidentifikasikan dengan teknologi radar. (LiveScience)

Semula para peneliti tersebut hanya menemukan beberapa jejak kaki saja, namun saat menggunakan teknologi radar penembus tanah (GPR) terungkap setidaknya ada 88 jejak kaki individu.

Diperkirakan 88 jejak kaki tersebut terdiri dari jejak kaki anak-anak hingga dewasa yang tak kasat mata. Dengan menggunakan GPR, gelombang radio ke tanah mampu memantul dari benda yang tersembunyi di bawah permukaan tanah.

Para arkeolog sepakat mengatakan jika jejak kaki hantu tersebut ditinggalkan oleh manusia yang hidup setidaknya 10.000 tahun yang lalu. Wow, kok bisa ya masih tertapak?

Hal ini kembali diungkapkan para peneliti lantaran manusia yang hidup di tahun tersebut berada di bentangan terakhir zaman es selama zaman Pleistosen. Sehingga jejak kaki mereka masih tersimpan utuh di atas daratan dan abadi tertimbun tanah.

Para peneliti yang terlibat dengan temuan baru ini telah mengumpulkan beberapa jejak kaki untuk menentukan usia pasti mereka. Dengan menggunakan penanggalan radiokarbon, para peneliti berharap dapat menganalisis potongan-potongan kecil materi organik yang mungkin terperangkap dalam sedimen jejak kaki tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US