The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Fenomena Hum, Suara Misterius dari Langit
Ilustrasi terdengar suara misterius dari langit. (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Fenomena Hum, Suara Misterius dari Langit

Seperti suara terompet.

Selasa, 12 Mei 2020 10:40 WIB 12 Mei 2020, 10:40 WIB

INDOZONE.ID - Suara dentuman dari langit kembali terjadi, kali ini suara misterius tersebut terdengar di wilayah Jawa Tengah, Indonesia pada Senin (11/5/2020).

Suara aneh memang sering terdengar dari langit. Hal ini karena Bumi menghasilkan bunyi-bunyi misterius dan aktivitas seismik dari permukaan Bumi.

Suara misterius tak hanya terjadi di Indonesia, Negara Amerika dan Eropa juga pernah digemparkan oleh suara aneh dari langit. Suara tersebut terdengar seperti suara terompet dari langit.

Para ilmuan menyebut fenomena itu dengan istilah 'The Hum'. Suara misterius itu terjadi pertama kali tahun 1960-an di sekitar Bristol, Inggris. Kemudian, fenomena ini kembali muncul di Amerika Serikat pada akhir 1980 di Taos, New Mexico.

Mengenal Fenomena Hum, Suara Misterius dari Langit
Ilustrasi suara misterius dari langit. (Pexels/Snapwire)

Suara Hum dapat didengar oleh sekitar 2% dari populasi, umumnya yang ada di dalam ruangan, dan menjadi lebih keras di malam hari. Suara misterius ini lebih sering terdengar di pedesaan atau pinggiran kota.

Sebuah studi oleh geoscientist David Deming, dari University of Nebraska, menunjukkan, Hum mungkin sebenarnya adalah hasil dari transmisi radio Very Low Frequency (VLF) yang digunakan oleh kekuatan militer.

Penelitian lain menunjukkan bahwa Hum berasal dari fenomena terestrial atau geologis alami yang menghasilkan suara frekuensi rendah atau persepsi suara-suara itu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US