The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Paskibraka Bakal Ditembak Mati Jika Terbalik Kibarkan Bendera Merah Putih?
Ilustrasi pengibaran bendera Merah Putih. (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Benarkah Paskibraka Bakal Ditembak Mati Jika Terbalik Kibarkan Bendera Merah Putih?

Tidak sekejam itu.

Rabu, 17 Agustus 2022 12:07 WIB 17 Agustus 2022, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Menjadi Paskibraka bukanlah persoalan yang mudah, pasalnya terdapat ancaman yang cukup mengerikan jika seorang Paskibraka gagal mengibarkan bendera Merah Putih dengan benar.

Terdapat sebuah kalimat mengerikan di telinga masyarakat, jika Paskibraka gagal mengibarkan bendera Merah Putih maka siap-siap bakal ditembak. Lantas benarkah hukuman tersebut?

Baca Juga: Asal-usul Paskibraka, Pasukan yang Mengibarkan Bendera Merah Putih pada Hari Kemerdekaan

Dikutip dari berbagai sumber, belum ada kasus yang menyatakan jika ancaman tersebut benar-benar diberlakukan. Pasalnya menurut TNI, tentara tidaklah sekejam itu dalam menerima kesalahan manusiawi.

Nyatanya ancaman tersebut hanyalah mitos yang beredar sejak tahun 90-an. Ancaman ini hanya menjadi sebuah penegasan jika seorang Paskibraka tidak boleh sembarang dalam memperlakukan bendera Merah Putih.

Sebaliknya, mereka diwajibkan harus memperhatikan setiap sisi gerakan saat perentangan bendera Merah Putih dalam upacara yang berlangsung.

Kasus seperti salah dalam prosesi pengerekan bendera memang pernah terjadi pada anggota Paskibraka Papua Barat yang benderanya terbalik dan membentuk kupu-kupu ketika dibentangkan.

Apakah Paskibraka tersebut langsung ditembak? Pada faktanya tidak, malah tentara terus mengawal jalannya upacara dengan membalik kanan kan para peserta agar Paskibraka mampu memperbaiki kesalahan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US