Bird Strike Tabrakan Burung dan Pesawat yang Berakibat Fatal
photo/en.wikipedia.org
Fakta Dan Mitos

Bird Strike Tabrakan Burung dan Pesawat yang Berakibat Fatal

Reka Kumara
Sabtu, 19 Oktober 2019 11:30 WIB 19 Oktober 2019, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Selama ini mungkin kita belum tahu apa bahayanya burung bagi pesawat yang tengah mengudara di atas sana. Bird strike adalah istilah untuk menyebutkan kejadian tabrakan antara burung dan mesin buatan manusia, dalam kasus ini pesawat terbang. 

Bukan hanya burung ini juga berlaku untuk jenis lain seperti kelelawar. Kebanyakan bird strike terjadi pada saat pesawat berada di posisi take-off, initial ascent, approach dan landing. 

Menurut statistik kejadian bird strike berasa pada ketinggian  100 kaki, atau diketinggian maksimum burung terbang.

Kecelakaan fatal yang bisa terjadi akibat tabrakan ini pernah di alami pada tahun 1912 dimana seekor burung menyangkut di kabel kendali pesawat dan menyebabkan pesawat tenggelam bersamanya di Long Beach California. 

Bird strike dapat menyebabkan kerusakan pada badan pesawat atau area mesin pesawat yang akan berakibat fatal hingga menyebabkan kecelakaan.

Biasanya untuk menghindari bird strike di bandara dilakukan upaya pengusiran burung baik dengan perangkat pengusir burung atau dengan cara yang konvensional dengan menembakkan senapan untuk menakuti para burung sebelum pesawat mendarat atau lepas landas. 

TAG
Reka
Reka

Reka

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU